Deli Serdang (ANTARA) - Jawa Tengah (Jateng), DKI Jakarta, Jawa Barat (Jabar), dan Jawa Timur (Jatim) kompak menang dengan skor sempurna 5-0 pada hari pertama babak penyisihan grup nomor beregu putri Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 yang dimainkan di GOR PBSI Sumut, Deli Serdang, Minggu.

Dari Grup A, Jateng tanpa ampun menggilas wakil Kalimantan Timur dengan skor 5-0 dengan masing-masing kemenangan dua gim langsung.

Pelatih Jateng yang merupakan mantan tunggal putra nasional, Hayom Rumbaka mengatakan kemenangan ini sudah ia prediksi.

"Kita sudah prediksi hasil akan seperti ini," kata pria 35 tahun itu ketika ditemui ANTARA selepas laga beregu putri, Minggu.

Dari Grup B, Jakarta menaklukkan wakil tuan rumah Sumatera Utara dengan skor 5-0 dengan masing-masing didapatkan dengan kemenangan dua gim langsung, kecuali Thalita Ramadhani Wiryawan.

Thalita harus berjuang keras merebut kemenangan dari Nurul Tetra Junia 21-19, 16-21, 21-11 dalam waktu 1 jam 5 menit.

Sang juara umum bulu tangkis, Jabar membutuhkan kerja ekstra untuk mengalahkan Kepulauan Riau di Grup C.

Meski mereka menang 5-0, satu-satunya kemenangan dalam dua gim langsung hanya didapatkan Kanaya Anisya Putri yang mengalahkan Dea Nur Fadilla dengan skor 21-9 21-7.

Selain kemenangan Kanaya, Jabar dan Kepulauan Riau bermain dengan skor ketat.

Pelatih Jabar Sigit Pamungkas mengatakan hal ini karena anak-anak asuhnya banyak yang masih bermain grogi.

"Partai per partai skornya ada perlawanan. Saya kira anak-anak wajar karena banyak yang pertama kali tampil. Ada yang masih demam panggung, ada yang masih coba-coba lapangan," kata Sigit.

Terakhir, dari Grup D, sang juara bertahan beregu putri, Jatim tak menemui kesulitan sama sekali saat menumbangkan Nusa Tenggara Barat. Azzahra Melani Arjisetya dan kawan-kawan kompak menang dengan skor relatif jauh.

Kemenangan pada laga perdana ini membuat Jateng, Jakarta, Jabar, dan Jatim memuncaki grupnya masing-masing. Nantinya, masing-masing juara grup akan melaju ke babak semifinal.

Berikut hasil lengkap penyisihan grup beregu putri PON Aceh-Sumut 2024:

Grup A
Jawa Tengah 5-0 Kalimantan Timur

Grup B
DKI Jakarta 5-0 Sumatera Utara

Grup C
Jawa Barat 5-0 Kepulauan Riau

Grup D
Jawa Timur 5-0 Nusa Tenggara Barat.

Baca juga: Jadwal pertandingan cabor bulu tangkis di PON

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024