Serang (ANTARA) -
 
Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar memberikan apresiasi pada partisipasi masyarakat yang tinggi atas kehadiran Roadshow Bus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Banten, Serang, Minggu.
 
"Dengan antusiasme masyarakat yang tinggi diharapkan dapat saling mengingatkan antarorang-orang terdekat, budaya antikorupsi ini bisa membawa dampak yang baik ke depan," ujarnya.
Antikorupsi ini, menurut dia, harus terus menerus digiatkan dan saling mengingatkan, sebab sebagai manusia biasa tidak bisa terbebas secara murni dari sebuah kesalahan.
 
“Yang paling mendasar itu tentu keluarga, kemudian lingkungan sekitar dan tempat kerja serta para ASN sebagai penyelenggara negara. Pesan-pesan yang disampaikan oleh KPK selama tiga hari ini, harus menjadi pedoman kita bersama,” ujarnya.
 
Muktabar menyampaikan terima kasih kepada KPK yang terus menerus memandu dalam berbagai agenda pemerintah seperti dalam hal pengembalian aset daerah dan juga kepegawaian, sehingga atas arahan itu, postur APBD Pemprov Banten sangat stabil dan terjaga.
 
“Semua itu pada dasarnya kita persembahkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan peta jalan yang terukur, terarah untuk mencapai tujuan bersama,” kata dia.
Sementara itu, Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi KPK RI Amir Arief mengatakan Roadshrow Bus KPK sudah mengunjungi 14 kota dengan berbagai macam kegiatan pendidikan pencegahan korupsi.

Selama empat bulan, kata dia, Roadshow Bus KPK telah menjelajahi Pulau Jawa, dari Madura sampai penutupan di Provinsi Banten hari ini.
 
“Dari semua itu, jumlah peserta yang teredukasi pencegahan korupsi Provinsi Banten yang paling besar untuk tahun ini,” kata dia.
 
Dia menyebut sekitar 213.700 orang yang mengikuti pendidikan dan pencegahan korupsi secara luring atau tatap muka. Kemudian, kegiatan secara daring mulai dari zoom, sosial media, dan siaran langsung sekitar 170.000 orang.
 
“Karena Pemprov membuka layanan publik sejak hari pertama, jumlah masyarakat yang terlayani dalam pelayanan publik 1.019 orang, sehingga total keseluruhannya mencapai sekitar 384.719 orang,” ujar dia.
 
Pada hari terakhir pelaksanaan Roadshow Bus KPK 2024 itu dimeriahkan oleh berbagai macam lomba seperti lomba sepeda dorong untuk anak-anak, futsal serta senam hajar serangan fajar yang diikuti oleh seluruh perwakilan dari masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Banten.
 
Amir menjelaskan senam Hajar Serangan Fajar ini digalakkan KPK seiring dengan menjelang pelaksanaan Pilkada serentak pada November 2024. Selain itu, KPK juga terus menggiatkan antipolitik uang.

Baca juga: KPK gelar roadshow di Lebak untuk edukasi pencegahan korupsi
Baca juga: KPK sosialisasi nilai antikorupsi kepada ulama hingga pelajar Tangsel

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024