Istambul (ANTARA) - Turki terus berupaya memfasilitasi pemulangan jenazah Aysenur Ezgi Eygi, aktivis hak azasi manusia Turki-Amerika yang dibunuh  tentara Israel di daerah pendudukan Tepi Barat, kepada keluarganya untuk dimakamkan, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Turki, Ahad (8/9).

“Kami terus melakukan upaya yang diperlukan untuk menyerahkan jenazah warga negara kami, Aysenur Ezgi Eygi, yang dibunuh tentara Israel di Tepi Barat, kepada keluarganya untuk dimakamkan,” tulis Oncu Keceli di akun X (sebelumnya Twitter).

“Kami sedang berkomunikasi dengan anggota keluarga almarhumah yang tinggal di Amerika Serikat dan kerabatnya di Turki."

Keceli menambahkan, “Saat ini, laporan otopsi diharapkan segera diserahkan kepada Konsulat Jenderal kami di Yerusalem oleh pihak berwenang Palestina.”

Dia lebih lanjut menjelaskan bahwa jenazah Eygi “akan dibawa ke Israel terlebih dahulu dan kemudian dipindahkan ke negara kami melalui Yordania.”

Pegiat HAM berusia 26 tahun dan berkewarganegaraan ganda Turki dan AS itu ditembak mati pasukan Israel saat mengikuti protes warga Palestina atas permukiman ilegal Israel di Kota Beita, Distrik Nablus, Tepi Barat, pada Jumat (6/9).

Komunitas internasional, termasuk Turki, AS, dan PBB, mengecam pembunuhan tersebut, dan kematian Eygi telah memicu kemarahan serta seruan akan pertanggungjawaban dari komunitas lokal dan internasional.

Militer Israel belum memberikan tanggapan baik tentang rincian insiden maupun hasil otopsi.

Pembunuhan Eygi mengingatkan publik dunia pada kasus wartawati
​​​​Amerika-Palestina, Shireen Abu Akleh, yang juga dibunuh tentara Israel dengan cara serupa pada 2022.

Shireen, jurnalis senior Al Jazeera yang dihormati karena liputan ekstensifnya tentang konflik Palestina dan Israel, gugur dalam tugas akibat luka tembakan di kepala pada 11 Mei 2022 saat meliput serangan militer Israel di kamp pengungsi Jenin, Kota Hebron, Tepi Barat.

Kendati pada saat itu, ia mengenakan jaket pers dan helm.

Sumber : Anadolu-OANA

Baca juga: PLO: Pembunuhan aktivis upaya intimidasi Israel terhadap pro-Palestina
Baca juga: PBB tuntut penyelidikan penuh atas pembunuhan aktivis Turki-Amerika
​​​​​​​


Penerjemah: Primayanti
Editor: Rahmad Nasution
Copyright © ANTARA 2024