Jambi (ANTARA) - Tim SAR Jambi mengerahkan personel untuk mengevaluasi seorang pendaki yang mengalami hipotermia di shelter dua Gunung Kerinci.

Kepala Kantor SAR Jambi Adah Sudarsa dalam keterangan tertulis yang diterima di Jambi, Minggu, mengatakan Pos SAR Kerinci mendapatkan informasi dari Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) bahwa telah terjadi kondisi membahayakan manusia dimana satu orang mengalami hipotermia di shelter dua Gunung Kerinci.

Baca juga: Sebuah perjalanan kibarkan Merah Putih di Puncak Kerinci

"Kami sudah mengerahkan personel untuk menjemput, saat ini tim sedang menuju ke shelter dua," katanya.

Dia menjelaskan pihaknya menerima laporan bahwa korban atas nama Jimmy Saputra (17) yang mendaki Gunung Kerinci bersama temannya pada Sabtu (07/9) pukul 09.00 WIB, namun mengalami hipotermia.

"Mereka kemarin pagi baru mendaki, setiba di shelter dua salah seorang pendaki mengalami kondisi hipotermia," kata Adah.

Dari informasi yang diterima SAR, setibanya di shelter dua pada pukul 16.00 WIB, korban mengalami kelelahan dan hipotermia, selanjutnya teman korban langsung melaporkan kejadian tersebut ke pihak TNKS.

Setelah mendapatkan informasi tersebut, Tim Pos SAR Kerinci dikerahkan untuk melakukan evakuasi bersama dengan unsur SAR gabungan lainnya seperti ranger TNKS, BPBD Kerinci, dan komunitas pecinta alam.

Baca juga: Tim pencari temukan pendaki yang tersesat di Gunung Kerinci

Baca juga: Waspada, PVMBG ungkap ada pergolakan gempa vulkanik di Gunung Kerinci


"Tim gabungan sudah dikerahkan, terdiri atas BPBD, ranger TNKS, teman-teman pecinta alam," katanya.

Saat ini, kata dia, tim SAR gabungan dalam perjalanan menuju shelter dua untuk melakukan evakuasi. ​​​"Semoga sehat dan saat turun dengan kondisi yang baik," katanya.

Pewarta: Tuyani
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024