Deli Serdang (ANTARA) -
Tim drum band Aceh sukses meraih medali emas dari nomor Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP) 800 meter campuran putra-putri Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024.
 
Pelatih drum band Aceh Muhammad Redy Kusuma menyampaikan sejak awal memang memasang target meraih emas dari nomor LBJP 800 meter campuran putra-putri itu.
 
"Memang kami targetkan di nomor ini. Alhamdulillah, hasilnya tercapai. Tinggal di nomor-nomor lomba selanjutnya, mudah-mudahan target emas bisa tercapai juga," kata Redy kepada wartawan usai menghadiri penyerahan medali di Stadion Madya Atletik, Kawasan Sumut Sport Center, Desa Sena, Batangkuis, Deli Serdang, Sumatera Utara, Minggu.
 
Berikutnya, tim drum band Aceh menargetkan meraih emas di nomor Lomba Ketahanan dan Ketepatan Baris Berbaris (LKBB) yang akan digelar pada Jumat (13/9).
 
Sementara itu, di peringkat kedua, medali perak dimenangi oleh DI Yogyakarta dengan perolehan 923,18 poin, berbeda tipis 0,28 poin dari Aceh yang mengumpulkan 923,46 poin. Terakhir, posisi ketiga atau medali perunggu diraih oleh Jawa Tengah yang mendapat 912,13 poin.
 
Menurut Redy, seluruh tim yang ikut serta dalam cabang olahraga drum band memiliki kekuatan yang hampir setara. Ia menilai tujuh tim lainnya yang meliputi Sumatera Utara, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Kalimantan Tengah itu merupakan tim terbaik di Indonesia.

Baca juga: Sumut raih emas drumband nomor LBJP 400 meter putri
 
"Semua bagus. Yang masuk ke PON ini, rata-rata sudah diseleksi. Jadi memang sudah kuat semua, terutama Sumatera Utara, DI Yogyakarta yang sudah diprediksi oleh tim lain adalah tim yang kuat," ucap dia.
 
Dalam PON 2024 ini, sebanyak delapan provinsi akan memperebutkan 17 medali emas dari cabang olahraga drumband. Tujuh belas nomor pertandingan yang diselenggarakan di antaranya, Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP) 400 meter putri, LBJP 400 meter putra, LBJP 800 meter campuran putra-putri, Lomba Unjuk Gelar (LUG), serta Lomba Baris Berbaris dan Lomba Unjuk Gelad (LBB-LUG).
 
Beragam nomor pertandingan itu digelar di sejumlah lokasi di Sumatera Utara, seperti Stadion Madya Atletik, GOR Futsal Disporasu, dan Jalan Sultan Serdang Kualanamu.

Baca juga: Pelatih: Kekompakan jadi kunci Sumut raih emas drum band LBJP
Baca juga: PB PDBI: Drum band itu perpaduan harmonis olahraga dan seni

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024