Banda Aceh (ANTARA) -
Tim basket 5x5 putra Jakarta menyusul tim putri melaju ke babak final PON Aceh-Sumut 2024.

Jakarta memastikan satu tiket final usai mengakhiri drama menghadapi Jawa Barat yang berlangsung hingga babak over time, 62-60 pada pertandingan semifinal PON Aceh-Sumut 2024 di GOR Harapan Bangsa, Minggu.

Hendrick Xavi Yonga menjadi bintang lapangan usai mampu menyumbangkan total 19 poin untuk Jakarta.
 
Memulai kuarter pertama, Jawa Barat bermain lebih impresif dengan mencatatkan tembakan dua poin berturut-turut. Jawa Barat mampu mengatasi gaya serangan Jakarta dan unggul 10-3 pada interval pertama. Memasuki interval kedua, Jawa Barat kerap kecolongan poin dan kehilangan kendali permainan, meski demikian keunggulan dari Jawa Barat tetap bertahan hingga akhir kuarter, 15-10.
 
Di kuarter kedua, Jakarta masih kesulitan untuk membongkar lini pertahanan Jawa Barat. Jawa Barat terus menjaga keunggulan poin hingga menutup kuarter kedua dengan selisih Sembilan poin, 29-20.
 
Dalam kondisi mengawali pertandingan dengan intensitas yang lambat, Tondi Raja Syailendra mencoba mengubah strategi permainan, hasilnya Jakarta terus menerus mendulang poin saat memasuki interval kedua kuarter ketiga untuk mempertipis kedudukan menjadi 41-43.
 
Memasuki kuarter keempat, Jawa Barat kehilangan tempo permainan dan kuwalahan meladeni gaya permainan Jakarta yang mengandalkan tembakan dua poin. Di interval pertama, Jakarta membalikkan keadaan dengan unggul 50-49. Drama terjadi di akhir kuarter ketika Jakarta mengimbangi Jawa Barat dan membuat kedudukan menjadi 55-55.
 
Pertandingan akhirnya berlanjut ke babak overtime, Jakarta baru mampu memastikan keunggulan usai memperoleh dua tembakan bebas. Hendrick Xavi Yonga dan kawan-kawan akhirnya mampu membawa Jakarta unggul 62-60.
 
Nantinya Jakarta masih menunggu calon lawan di babak final antara Sulawesi Tengah atau Jawa Timur yang masih akan bertanding pada babak semifinal pada pukul 15.00 WIB.

Baca juga: Tiga sekawan persembahkan medali emas muaythai untuk tuan rumah

Baca juga: Gladies dan Della buka persaingan medali loncat indah untuk Jatim

Baca juga: Gara-gara salah gerakan, petenis Babel cedera di lapangan

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024