Jakarta (ANTARA) - Semua tahu bahwa mendapatkan setidaknya 7 jam tidur diperlukan untuk gaya hidup yang sehat. Akademi Kedokteran Tidur Amerika juga menyarankan hal yang sama.

Namun, banyak yang kesulitan untuk menerapkan kebiasaan sehat ini karena berbagai alasan, termasuk gaya hidup yang cepat dan kebiasaan tidak sehat.

Namun, jika mengejar kekurangan tidur ini di akhir pekan, ada kabar baik.

Dikutip dati The Hindustan Times, Minggu, berdasarkan sebuah studi yang dipresentasikan dalam pertemuan terbaru dari European Society of Cardiology (ESC), tidur lebih lama di akhir pekan dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 20 persen.

Baca juga: Penelitian sebut bekerja di jam malam bisa tingkatkan kognitif

Baca juga: Waktu tidur yang ideal untuk menjaga kesehatan


Laporan baru ini dipresentasikan oleh penulis Yanjun Song dari Pusat Penyakit Kardiovaskular Nasional Tiongkok.

Penelitian tersebut menyatakan bahwa tidur kompensasi yang cukup terkait dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Mereka menemukan efek ini signifikan di antara orang-orang yang secara teratur mengalami kurang tidur di hari kerja.

Para peneliti melakukan studi pada 91 ribu peserta yang dibagi menjadi empat kelompok yang kira-kira sama besar, berdasarkan siapa yang tidur paling sedikit dan siapa yang tidur paling banyak per malam.

Tim kemudian menghitung risiko penyakit jantung setiap peserta dan melakukan tindak lanjut 14 tahun setelah penilaian awal mereka, termasuk pemeriksaan catatan rumah sakit dan kematian individu mereka, bukti penyakit arteri koroner, gagal jantung, ketidaknormalan ritme jantung, dan stroke.

Studi ini menemukan bahwa kelompok yang tidur paling lama di akhir pekan memiliki kemungkinan 19 persen lebih rendah untuk mengembangkan penyakit jantung, dan mereka yang mengidentifikasi diri sebagai kekurangan tidur dan mengejar tidur di akhir pekan memiliki risiko 20 persen lebih rendah untuk mengembangkan penyakit jantung.

Namun, penulis studi ESC mencatat beberapa faktor yang membatasi penelitian mereka, termasuk 75 persen peserta tidak melaporkan tidur kurang dari tujuh jam selama minggu.

Selain itu, data bergantung pada laporan individu tentang kebiasaan tidur mereka, yang mungkin tidak akurat.

Mereka juga tidak mempertimbangkan bentuk perawatan yang mungkin diterima banyak peserta selama 14 tahun antara evaluasi. Karena alasan ini, studi ini memiliki keterbatasan.

Baca juga: Dokter: Tidur yang baik hanya memerlukan waktu awal 5-15 menit

Baca juga: Waktu yang dibutuhkan untuk tertidur beritahu tentang kondisi tubuh

Baca juga: Penelitian sebut makanan yang disantap pengaruhi waktu tidur


 

Penerjemah: Putri Hanifa
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024