Mengantisipasi peningkatan kebutuhan BBM untuk kendaraan umat Katolik di Kota Kupang yang akan melintas ke Timor Leste...,
Kupang (ANTARA) - Pertamina Patra Niaga menjamin kesiapan energi dalam hal ini bahan bakar minyak (BBM) di jalur lintas Timor NTT jelang agenda kunjungan Paus Fransiskus ke Dili, Timor Leste pada Senin (9/9).


Manager Communication Relations and CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Ahad Rahedi dari Surabaya, Jawa Timur, Minggu siang memperkirakan akan ada banyak umat Katolik Kota Kupang yang melintas ke Timor Leste.

”Mengantisipasi peningkatan kebutuhan BBM untuk kendaraan umat Katolik di Kota Kupang yang akan melintas ke Timor Leste, Pertamina Patra Niaga wilayah NTT telah melakukan persiapan perihal agenda tersebut,” katanya.

Dia mengatakan, PT Pertamina telah berkoordinasi dengan Forkopimda terkait data jumlah kendaraan yang akan melintas ke Timor Leste dengan estimasi kenaikan BBM 10-15 persen dari konsumsi normal.

Sebelumnya tim Pertamina Patra Niaga Sales Area wilayah NTT telah berkoordinasi dengan pihak- pihak terkait diantaranya dengan Kementerian Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) RI, Kementerian Agama serta Forkopimda NTT pada pertemuan persiapan agenda kedatangan Paus Fransiskus dalam rangka mengantisipasi mobilisasi umat Katolik dari NTT ke Timor Leste.

Sebagai antisipasi peningkatan konsumsi BBM untuk sejumlah kendaraan yang diprediksi akan melonjak di jalur Lintas Timor NTT, Pertamina sales area NTT melakukan monitoring harian ke SPBU guna memastikan stok tetap aman.

Pertamina melakukan penambahan jadwal suplai di Fuel Terminal untuk built up stok di 21 SPBU jalur Timor dari Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan (TTS) Timor Tengah Utara (TTU), Malaka serta Belu dengan mengoptimalkan pola alternatif suplai melalui penambahan armada Mobil Tangki sesuai kebutuhan di SPBU.

Untuk mengantisipasi lonjakan antrean kendaraan, Pertamina melakukan penambahan petugas operator di setiap jalur pengisian (drive way) guna mengoptimalkan pelayanan ke konsumen.

Selain itu Pertamina juga menambah jam operasional SPBU serta menyiapkan Posko Satgas pada lima titik rest area SPBU di jalur Timor dari Kupang ke Atambua serta menyiagakan Mobil Tangki kantong di empat titik SPBU yakni SPBU 5485115, 5485602, 5485704 dan 5485707.

Dia berharap segala persiapan yang dilakukan bisa membantu memperlancar peziarah yang akan mengikuti misa akbar yang dipimpin Paus Fransiskus di Tasitolu, Kota Dili, Timor Leste pada Selasa (10/9).

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024