Medan (ANTARA) - Panitia Besar PON XXI Aceh-Sumut Wilayah Sumatra Utara menghadirkan dua media center satelit untuk mendukung publikasi informasi terkait ajang PON Aceh-Sumut 2024 di wilayah Sumatera Utara.

"Pihak Kominfo yang ada di Sumatera Utara memberikan fasilitas media center satelit yang ada di Dispora dan Stadion Arena di Deli Serdang," ujar Ketua Bidang Media dan Humas PB PON XXI Aceh-Sumut Wilayah Sumatera Utara, Raja Parlindungan Pane dalam acara Pembukaan Media Center Utama di Medan, Minggu.

Penempatan media center satelit agar seluruh media center penyanggah yang berjumlah yang tersebar di 20 titik arena pertandingan cabang olahraga saling terhubung.

Media center penyangga tersebut tersebar di berbagai wilayah seperti Pematang Siantar, Toba, Samosir, Karo, Langkat, Binjai.

Dengan demikian, kata dia, berbagai informasi terkait pertandingan semua cabang olahraga dapat diakses dengan mudah dan cepat.

Raja menjelaskan, untuk mendukung kelancaran mobilisasi awak media atau peliput pertandingan di semua arena, panitia juga telah menyediakan 12 unit bus.

Ia menambahkan persiapan publikasi informasi PON di Sumatera Utara cukup maksimal sehingga ia berharap informasi tentang pesta olahraga nasional di wilayah setempat dapat disebarluaskan dengan lancar dan masif ke seluruh penjuru wilayah tanah air termasuk hingga ke mancanegara.

"Tentu untuk acara yang besar ini pasti ada hal-hal yang kurang tetapi kami berharap itu bisa ditutupi dengan hal-hal positif yang diberitakan teman-teman media," ujarnya.

Ajang PON XXI Aceh-Sumut 2024 diselenggarakan pada 8-20 September 2024, namun beberapa cabang olahraga sudah digelar sejak akhir Agustus.

Pesta olahraga nasional yang baru pertama kali digelar pada dua provinsi itu mempertandingkan sebanyak 65 cabang olahraga yang digelar di Sumatera Utara sebanyak 33 cabang dan di Aceh 32 cabang.

PON Aceh-Sumut menjadi edisi terbesar dalam sejarah PON karena diikuti kontingen dari 38 provinsi termasuk perwakilan dari Ibu Kota Nusantara (IKN) serta melibatkan hampir 13 ribu atlet dan 6 ribu lebih ofisial.

Baca juga: Kominfo buka media center di Aceh untuk dukung peliputan PON XXI

Baca juga: PB PON Sumut sediakan 20 pusat media peliputan PON XXI 2024

Baca juga: Kemenkominfo siapkan ragam fasilitas di pusat media PON XXI

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024