Deli Serdang (ANTARA) -
Pelatih drum band Sumatera Utara (Sumut) Novi Hardianto mengungkapkan kunci kemenangan tim meraih emas nomor Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP) 400 meter Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024 adalah kekompakan.
 
"Intinya kalau kunci kemenangan kita, kekompakan ya pastinya. Pastinya kita harus kompak," ujar Novi kepada wartawan usai menghadiri Upacara Penghormatan Pemenang (UPP) Cabang Olahraga (Cabor) Drum Band di Stadion Madya Atletik, Kawasan Sumut Sport Center, Desa Sena, Batangkuis, Deli Serdang, Sumatera Utara, Minggu.
 
Selanjutnya, kata dia, tim drum band Sumatera Utara juga memiliki strategi khusus. Meskipun tidak menjelaskan secara mendetail strategi tersebut, Novi meyakini tim lain pun memiliki strategi khusus yang tidak boleh diketahui oleh lawannya.

Sejauh ini, menurut Novi, seluruh peserta yang menjadi lawan tim binaannya memiliki kekuatan yang sama. Dengan demikian, ia tidak merasa ada saingan yang perlu ditakuti.
 
"Semua hampir sama. Kita tidak bisa memprediksikan seperti sebelum-sebelumnya. Kita bisa prediksi ini, kontingen ini gini, kontingen ini gitu ya. Tapi kalau untuk yang sekarang, memang tingkatannya semuanya rata," ucap dia.
 
Untuk itu, Novi menyebutkan segenap anggota tim drum band Sumatera Utara senantiasa berjuang secara optimal untuk meraih kemenangan.
 
Baca juga: Sumut raih emas drumband nomor LBJP 400 meter putri

Novi mengatakan menargetkan meraih tujuh emas dari total 17 nomor pertandingan.
 
Adapun 17 nomor pertandingan dari cabang olahraga Drum Band, di antaranya adalah, Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP) 400 meter putri, LBJP 400 meter putra, LBJP 800 meter campuran putra-putri, Lomba Unjuk Gelar (LUG), dan Lomba Baris Berbaris dan Lomba Unjuk Gelad (LBB-LUG).
 
Beragam nomor pertandingan itu digelar di sejumlah lokasi di Sumatera Utara, seperti Stadion Madya Atletik, GOR Futsal Disporasu, dan Jalan Sultan Serdang Kualanamu.

Selain Sumatera Utara, provinsi lain yang turun di cabang drum band pada PON 2024 adalah Aceh, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Kalimantan Tengah.

Baca juga: PB PDBI: Drum band itu perpaduan harmonis olahraga dan seni
​​​​​​​
Baca juga: PON 2024 diharapkan bikin cabang olahraga drum band semakin maju

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024