Banda Aceh (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Bali meminta para atlet termasuk pelatih untuk fokus mengejar medali sekaligus memperbaiki klasemen pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara.

"Saya inginkan atlet itu fokus dan pelatih pun fokus terhadap apa yang menjadi target," kata Ketua Umum KONI Bali I Gusti Ngurah Oka Darmawan di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Minggu.

Ia mengapresiasi capaian para atlet dan pelatih yang hingga H-1 pembukaan PON XXI atau pada Minggu (8/9) pukul 10.00 WIB mengantongi tiga medali emas, dua perak dan tiga perunggu.

Capaian itu menempatkan kontingen Bali pada posisi kesembilan klasemen sementara PON XXI Aceh-Sumatera Utara.

Sedangkan di posisi puncak untuk sementara dihuni Jawa Timur dengan mengoleksi 13 emas dan posisi kedua dihuni Jawa Barat dengan 11 emas serta tuan rumah Aceh di posisi ketiga dengan delapan emas.

"KONI Bali memberikan apresiasi luar biasa atas apa yang didapatkan tapi ini masih proses panjang sehingga apapun yang dilakukan itu harus fokus, konsentrasi, berdoa untuk yang terbaik kepada anak-anak semua", imbuhnya.

Ada pun dua medali emas disumbangkan cabang olahraga kriket dan satu emas dari balap sepeda putri.

Perolehan medali dari dua cabang olahraga tersebut sesuai dengan target KONI Bali.

"Itu memang sesuai target kami untuk menang dan ini masih banyak pertandingan menyusul punya peluang," ucapnya.

Selain fokus memperbaiki klasemen, ia juga meminta para atlet untuk terus menjunjung tinggi sportivitas pada ajang olahraga bergengsi empat tahun sekali tingkat nasional itu.

Provinsi Bali memberangkatkan sebanyak 549 atlet dari 49 cabang olahraga atau lebih banyak dibandingkan pada PON XX Papua sebanyak 235 orang atlet.

Pada PON XX Papua, Bali bertengger di peringkat kelima dengan 28 medali emas dari 34 provinsi di tanah air dan pada PON XXI, Bali menargetkan 45 medali emas.

Baca juga: Kominfo buka media center di Aceh untuk dukung peliputan PON XXI

Baca juga: Sumut raih emas drumband nomor LBJP 400 meter putri

Baca juga: Aerobik - Raja Dwi genapi emas Jawa Timur lewat nomor perorangan putra

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024