Jakarta (ANTARA) - iPhone dari Apple berikutnya akan menjadi yang pertama yang menyertakan Apple Intelligence pada saat peluncurannya, namun fitur AI (kecerdasan buatan) bukanlah satu-satunya hal baru yang bisa diharapkan pada gelaran besar kali ini.

Laman The Verge, Rabu (4/9) melaporkan, Apple bersiap-siap untuk mengumumkan iPhone 16, yang tentunya akan menjadi ponsel paling kuat dan memiliki kamera terbaik (setidaknya untuk model Pro).

Ini juga diharapkan menjadi iPhone pertama yang diluncurkan dengan Apple Intelligence secara menyeluruh.

Baca juga: Apple berencana produksi lebih banyak iPhone Pro dan ProMax tahun ini

Baca juga: Intip bocoran spesifikasi kamera seri iPhone 16


Selain jajaran iPhone 16 dan sejumlah jam tangan dan AirPods baru, Apple diperkirakan akan menampilkan lebih banyak fitur AI, seperti kemampuan untuk memahami apa yang ada di layar, bersama dengan fitur-fitur yang diperkenalkannya Juni lalu di WWDC (Worldwide Developers Conference), konferensi teknologi informasi yang diadakan setiap tahun oleh Apple Inc, yang mencakup Siri yang ditingkatkan, pembuatan gambar, penulisan ulang AI, serta kemampuan perekaman dan transkripsi panggilan.

Kata “glowtime” kemungkinan besar merujuk pada efek cahaya yang muncul di sekitar tepi layar saat Siri diaktifkan dalam versi beta pengembang terbaru iOS 18.

Menurut sumber yang dekat dengan Apple, “glow” juga merupakan nama internal untuk macOS Sequoia, yang kemungkinan akan dirilis setelah acara tersebut pada waktu yang hampir bersamaan dengan iOS 18.

Prosesor baru serba AI

Apple Intelligence akan membutuhkan prosesor yang kuat. Tren Apple dalam beberapa tahun terakhir adalah memberikan prosesor terbaik generasi sebelumnya ke iPhone model dasar dan memperkenalkan chip baru yang lebih kuat untuk varian Pro.

Prosesor A17 Pro iPhone 15 Pro adalah satu-satunya chip seri A saat ini yang mendukung Apple Intelligence, tetapi rumornya semua model iPhone 16 akan mendapatkan chip A18 yang baru.

Tampilan kamera baru iPhone 16

Model utama iPhone 16 akan hadir dengan warna baru dan terlihat sedikit berbeda dari bagian belakang tahun ini. Modul kamera diperkirakan akan memiliki dua lensa yang ditumpuk secara vertikal, seperti iPhone 12 dan iPhone X, alih-alih penempatan diagonal yang digunakan sejak iPhone 13.

Penempatan lensa vertikal akan lebih mendukung pengambilan video spasial lanskap untuk ditonton di Vision Pro. Tidak ada indikasi bahwa kita akan melihat pembaruan pada Vision Pro itu sendiri, tetapi semoga kita akan mendapatkan sesuatu untuk menjaga minat pelanggan terhadap teknologi mixed reality Apple.

Jajaran iPhone 16 juga akan mendapatkan daya tahan baterai yang lebih baik, menurut analis Apple Ming-Chi Kuo.

iPhone 16 Pro dan Pro Max akhirnya cocok

iPhone 16 Pro mungkin akhirnya memiliki kamera yang sama dengan Pro Max, salah satu dari beberapa hal yang disindir Google kepada Apple pada acara Pixel 9.

Kedua model tersebut mungkin akan mendapatkan lensa telefoto “tetraprisma” 5x yang saat ini eksklusif untuk 15 Pro Max. Rumornya, kamera ultrawide pada Pro baru juga akan mengalami peningkatan kualitas yang signifikan berkat sensor 48MP yang lebih besar.

Untuk model Pro, kami mengharapkan sentuhan akhir mawar baru dan lapisan titanium “perunggu” berwarna cokelat Zune, dan baik model reguler maupun Max diharapkan memiliki layar yang sedikit lebih besar daripada iPhone 15.

Layar varian Pro dikabarkan akan berubah dari 6,1 inci menjadi 6,3 inci dan Pro Max akan melonjak dari 6,7 menjadi 6,9 inci.

Tombol samping iPhone dapat berubah menjadi tombol baru yang peka terhadap tekanan dan dapat menyertakan fitur seperti DSLR di mana Anda dapat fokus dengan tekanan ringan dan mengambil gambar dengan menekan lebih keras. Kemungkinan ini adalah fitur khusus Pro, tetapi bisa juga hadir pada model 16 reguler.

Secara keseluruhan, model iPhone 16 tidak akan banyak mengalami perubahan desain. Namun rumor mengatakan bahwa model berikutnya, iPhone 17, akan mendapatkan desain ulang yang lebih ramping.

Baca juga: Pabrik rakit Apple rekrut lebih banyak pegawai kejar target iPhone 16

Baca juga: Apple bakal pakai chip A18 untuk semua model iPhone 16

Baca juga: iPhone 16 Pro dikabarkan bakal dapat peningkatan kamera


 

Penerjemah: Pamela Sakina
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024