Medan, Sumatera Utara (ANTARA) - Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pasar Kota Medan, Sumatera Utara, memastikan peningkatan kualitas kebersihan pasar tradisional selama Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024.

Direktur Utama PUD Pasar Kota Medan Suwarno mengatakan ketika PON digelar, akan banyak atlet, ofisial, dan pendukung kontingen yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia datang ke Kota Medan, tak terkecuali ke pasar tradisional.

"Nah, kami ingin mereka mendapat kesan yang baik, kesan bahwa Medan itu nyaman selama mereka berada di Ibu Kota Sumatera Utara ini," kata Suwarno di Medan, Sumatera Utara, Minggu.

Ia menuturkan PUD Pasar Kota Medan selama ini sudah rutin melaksanakan gotong royong di pasar guna memastikan kondisi pasar terjaga kebersihannya.

Namun saat PON XXI 2024 digelar, PUD Pasar Kota Medan memastikan kualitas kebersihan di sejumlah pasar tradisional ditingkatkan demi menyambut pengunjung dari 38 provinsi, baik atlet, pelatih, maupun pendukung dari luar daerah.

Tak hanya memastikan peningkatan kualitas kebersihan, Suwarno menyebutkan pihaknya juga melakukan sosialisasi dan memasang spanduk PON XXI 2024 di pasar tradisional Kota Medan dalam rangka menyemarakkan perhelatan empat tahunan tersebut.

Spanduk PON dipasang di Pasar Petisah I, Pasar Petisah II, Pasar Sei Sikambing, Pasar Sukaramai, dan Pasar Aksara.

Dia pun mengajak seluruh pedagang maupun masyarakat yang datang ke pasar untuk berkolaborasi menjaga ketertiban, kebersihan, dan kenyamanan di pasar, untuk mencapai keberhasilan bersama.

"Mari kita berkolaborasi agar wajah Medan dan Sumatera Utara pada umumnya selama pelaksanaan PON memberikan kesan yang aman, nyaman, dan membawa kenangan positif bagi para kontingen," ucap dia menambahkan.

PON XXI Aceh-Sumut 2024 diselenggarakan pada 8-20 September 2024, namun sejumlah pertandingan sudah digelar sejak akhir Agustus 2024. Sebanyak 65 cabang olahraga akan dipertandingkan dalam perhelatan di dua wilayah tersebut, yang diisi mulai dari cabang olahraga tradisional hingga modern.

Pembukaan PON XXI 2024 akan berlangsung pada Senin, 9 September 2024 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh. Presiden Joko Widodo dijadwalkan bakal membuka langsung perhelatan nasional empat tahun sekali itu.

Adapun PON XXI Aceh-Sumut 2024 menjadi edisi terbesar dalam sejarah karena melibatkan hampir 13 ribu atlet dan 6 ribu lebih ofisial. Selain itu, PON kali ini juga menjadi yang pertama dilaksanakan di dua provinsi sebagai tuan rumah.

Baca juga: Inilah jadwal pertandingan PON wilayah Aceh untuk Minggu

Baca juga: 22 pesepeda uji coba trek downhill di Tahura Bukit Barisan

 

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024