Jakarta (ANTARA) - Selama sepekan (1 - 7 September 2024) berbagai peristiwa bidang politik terjadi di Indonesia, mulai dari Paus Fransiskus doakan Indonesia senantiasa diberkati perdamaian, hingga Presiden berkantor selama 40 hari di IKN hingga 19 Oktober.

Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA.


Paus Fransiskus doakan Indonesia senantiasa diberkati perdamaian

Pemimpin umat Katolik dunia yang juga Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus mendoakan bangsa Indonesia senantiasa diberkati Tuhan.

"Semoga Allah memberkati Indonesia dengan perdamaian demi masa depan penuh harapan. Allah memberkati Anda sekalian," kata Paus dalam pesannya pada acara pertemuan dengan pejabat pemerintah, korps diplomatik, dan tokoh masyarakat di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/9).

Indonesia menjadi negara pertama yang menerima kunjungan Sri Paus dalam perjalanan apostoliknya di kawasan Asia-Oseania. Selain Indonesia, sejumlah negara lainnya yang akan dikunjungi meliputi Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura.

Selengkapnya baca di sini.


Presiden tunjuk Muhadjir Effendy sebagai Plt Menteri Sosial

Presiden RI Joko Widodo menunjuk Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Menteri Sosial.

Penunjukan itu menyusul disetujuinya pengunduran diri Tri Rismaharini dari jabatan Mensos karena maju sebagai pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2024.

"Presiden menunjuk Bapak Muhadjir Effendy, Menko PMK, sebagai Pelaksana Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab Mensos sampai diangkatnya Mensos definitif," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam pesan singkat di Jakarta, Jumat (6/9).

Selengkapnya baca di sini.


Presiden nyatakan komitmen perkuat kerja sama dengan negara Afrika

Presiden Joko Widodo menyatakan komitmen bahwa Indonesia akan memperkuat kerja sama dan solidaritas bersama negara-negara di kawasan Afrika ketika membuka jamuan santap malam Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multipihak (HLF MSP) dan Forum Indonesia-Afrika (IAF) ke-2.

“Indonesia berkomitmen untuk memperkuat kerja sama dan solidaritas dengan negara-negara di kawasan Afrika,” ujar Presiden Jokowi di Badung, Bali, Minggu (1/9).

Lebih lanjut, Jokowi juga menyatakan bahwa komitmen tersebut akan dilanjutkan oleh pemerintahan berikutnya yang dipimpin oleh Prabowo Subianto, selaku calon presiden yang memenangi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Selengkapnya baca di sini.


Panglima TNI akui sudah diperintah Presiden bentuk Angkatan Siber

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengakui pihaknya sudah menerima perintah dari Presiden Joko Widodo untuk membentuk Angkatan Siber sebagai matra keempat di institusi TNI.

"Saya sudah diperintah Presiden, kemarin juga dari MPR waktu pidato, untuk membuat TNI Angkatan Siber," kata Agus setelah menghadiri rapat kerja bersama Komisi I DPR RI di kompleks parlemen, Jakarta, Selasa (3/9).

Selengkapnya baca di sini.


Istana: Presiden berkantor selama 40 hari di IKN hingga 19 Oktober

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan Presiden Joko Widodo akan mulai berkantor selama 40 hari di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur tanggal 10 September hingga 19 Oktober 2024.

"Rencana beliau berkantor itu sampai tanggal 19 (Oktober). Kemungkinan dari tanggal 10 (September) sampai tanggal 19 Oktober," kata Heru saat ditemui di Jakarta Selatan, Jumat (6/9).

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024