Banda Aceh (ANTARA) - Tim bola basket 5X5 putri Jawa Barat menyapu bersih kemenangan di babak penyisihan grup usai membungkam Jawa Tengah dengan skor 52-48 pada pertandingan di GOR Harapan Bangsa, Banda Aceh, Sabtu.

Kemenangan ini memastikan melangkah ke babak semifinal PON Aceh-Sumut 2024 dengan status juara pul X.

Kemenangan tim asuhan Arief Gunarto tersebut tak dapat dilepaskan dari performa impresif yang ditunjukkan oleh Samantha Wong yang menjadi pendulang poin terbanyak usai mencetak 10 poin. Selain Samantha Wong, poin Jabar disumbang oleh Diva Intan Nurfadillah yang mengemas 8 poin.

Di kuarter pertama, kedua tim langsung bermain dengan intensitas yang tinggi meski sama-sama telah mengamankan tiket ke babak semifinal. Jawa Barat yang mampu memanfaatkan peluang melalui serangan cepat dan unggul dua poin di akhir kuarter dengan skor 16-14.

Memulai kuarter kedua, Jawa Tengah memainkan serangan dari tembakan dua poin, memasuki interval pertama kuarter kedua permainan Jawa Tengah mampu membalikkan kedudukan dengan skor 19-16. Di kuarter kedua, Jateng membuat Jabar terus mati kutu dan menutup kuarter dengan keunggulan 25-24.

Pada kuarter ketiga, permainan dominasi Jateng terus berlanjut dengan memainkan serangan dari tembakan dua poin. Lini pertahanan yang solid diterapkan Jateng mampu mempertahankan keunggulan di akhir kuarter ketiga dengan skor 40-38.

Dalam kondisi tertekan, Arief Gunarto mencoba untuk menerapkan strategi baru kepada anak asuhnya dengan lebih banyak memanfaatkan tembakan dua poin. Strategi tersebut tak terlalu berjalan sempurna untuk membongkar Jateng dengan interval pertama pada kuarter keempat usai kedudukan bertahan dengan skor 42-44 untuk ketertinggalan Jabar. Di penghujung kuarter, Jabar mendapatkan lemparan bebas dan mampu membalikkan kedudukan menjadi 52-48 untuk mengamankan kemenangan.

Nantinya di babak semifinal Jawa Barat akan bersua rival DK Jakarta pada pukul 09.00 WIB. Sedangkan Jawa Tengah akan bertemu Jawa Timur pada pukul 13.00 WIB.

Baca juga: Bola basket – Tim basket putri Bali telan kekalahan dari Jabar
Baca juga: Bola basket – Tim putri DKI raih tiket semifinal usai bungkam Sulsel
Baca juga: Basket - Ratusan penonton tak bisa nonton langsung Jakarta vs Jatim

 

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024