Medan (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut) mengirim sebanyak 19 personel untuk memperkuat kontingen Sumut di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

"Sebanyak 19 personel itu ikut memperkuat Sumut dari berbagai cabang olahraga di ajang nasional tersebut," ujar Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi di Medan, Sabtu.

Hadi melanjutkan cabang olahraga yang diikuti oleh anggota Polda Sumut tersebut di antaranya sepatu roda, karate, hapkido, sepak bola, terjun payung, menembak, dan lainnya.

Kehadiran personel diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam berbagai cabang olahraga yang dipertandingkan, dan mendapatkan torehan medali.

"Selain itu, kehadiran personel yang berprestasi yang ikut membela kontingen Sumut untuk menunjukkan komitmen dalam pembinaan olahraga nasional, karena petugas polisi juga memiliki potensi yang luar biasa," kata Hadi.

Mantan Kepala Polres Biak, Papua ini menambahkan selain mengikuti PON tersebut, personel Polda Sumut juga aktif mengikuti kejuaraan baik tingkat lokal maupun nasional.

"Tujuannya, sebagai menambah kemampuan di bidang olahraga masing-masing yang dipertandingkan dan dapat membawa nama baik instansi," tutur Hadi.

Di sisi lain, secara keseluruhan pengamanan PON XXI di Sumut, Polda Sumut melibatkan sebanyak 4.970 personel gabungan untuk mengamankan ajang nasional tersebut. Personel gabungan dibantu penuh dari TNI, dari pemerintah daerah yang berkaitan langsung dengan kegiatan pengamanan ini.

Ditambah dengan memiliki peralatan teknologi yang diperbantukan dari Polri untuk pengamanan PON XXI, antara lain alat komunikasi dan suku cadang, sistem analitis yang mencakup face recognition atau identifikasi wajah, plate recognition atau pengenalan pelat nomor kendaraan, dan crowd counting.

Sebelumnya, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis mengatakan sekitar 1.119 atlet dari Sumut yang mengikuti ajang multi cabang tersebut, dengan harapan masuk tiga besar.

Baca juga: Polda Sumut libatkan 4.970 personel gabungan amankan PON 2024
Baca juga: Polri kirim peralatan teknologi modern untuk pengamanan PON XXI

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024