Jakarta (ANTARA) -
Kabar meninggalnya penyanyi legendaris asal Brasil Sergio Mendes mengguncang industri musik latin.

Meninggal pada usia 83 tahun hari Kamis 5 September waktu setempat, Sergio Mendes meninggalkan karya yang dikenang baik saat bersama band Sergio Mendes and Brasil '66 maupun album solonya.

"Campuran jazz pianis yang lembut, nuansa Latin yang halus, akord minor yang keren, ketukan yang dapat ditarikan, tawa yang lembut, dan sedikit seks," ungkap Mantan eksekutif A&M Records Derek Taylor merujuk pada ciri khas lagu-lagu di album Sergio Mendes and Brasil '66.

Baca juga: Musisi hits era 60-an Sergio Mendes meninggal dunia di usia 83 tahun

Baca juga: Sergio Mendes penampil paling dicari pada hari kedua Java Jazz

 
Berikut adalah 10 lagu hits yang dipopulerkan Sergio Mendez, dikutip laman Billboard, Sabtu.
 
10. Acode (2008)
 
Lagu dari album "Encanto" menampilkan penyanyi Brasil Vanessa Da Mata, yang merupakan album kedua Mendes yang diproduksi bersama will.i.am.
 
Encanto memuncaki tangga lagu Jazz Albums Billboard dan mencapai No. 60 di Billboard 200. Lagu ini, yang ditulis bersama Mendes dengan Da Mata, menerima nominasi Latin Grammy untuk lagu Brasil terbaik (bahasa Portugis).

9. One Note Samba/Spanish Flea (1966)
 
Konsep Brasil '66 tumbuh dari popularitas musik Brasil di seluruh dunia pada awal tahun 60-an. Lagu-lagu yang digubah oleh Antonio Carlos Jobim, termasuk "Desafinado" dan "The Girl From Ipanema," menjadi hit pop besar, dan Bossa Nova menjadi tren internasional.
 
Pasangan cerdas dari "One Note Samba," yang digubah oleh Jobim, dan "Spanish Flea," yang disertakan Alpert pada album megahitnya tahun 1965 Whipped Cream & Other Delights memberi penghormatan kepada kedua pria ini, yang sangat penting dalam karier Mendes. Mendengarkan "Spanish Flea," yang menjadi ikon melalui penggunaannya pada acara permainan tahun 1960-an The Dating Game, akan membuat para boomer tersenyum.
 
8. Bim Bom (1967)
 
Permata yang ceria ini diambil dari album kedua grup tersebut, yang dirilis pada musim semi tahun 1967, Equinox. João Gilberto menggubah lagu tersebut sekitar tahun 1956. Lagu ini dianggap sebagai salah satu lagu bossa nova pertama.
 
Lagu era Brasil '66 ini memberi pengaruh pada grup musik Manhattan Transfer atau bahkan pada Finneas saat ia mencari ide aransemen untuk Billie Eilish.
 
7. Reel in Rio (2011)
 
Mendes menerima nominasi Oscar untuk lagu orisinal terbaik pada tahun 2012 untuk lagu yang bersemangat ini dari film "Rio", yang memadukan unsur samba, karnaval, dan hip-hop. Mendes menggubah melodinya bersama Carlinhos Brown. Siedah Garrett menulis liriknya. Tahun ini hanya ada dua nominasi dalam kategori tersebut, jumlah terendah dalam sejarah Oscar. “Real in Rio” kalah dari “Man or Muppet” dari The Muppets, satu-satunya lagu dari film Muppet yang pernah memenangkan Oscar.
 
6. The Look of Love (1967)
 
Lagu ini diambil dari album "Look Around". Dusty Springfield mencapai No. 22 di Hot 100 pada bulan November 1967 dengan versi lambat dan sensual dari lagu klasik Burt Bacharach/Hal David ini, yang dinyanyikannya untuk soundtrack film Casino Royale, tetapi versi cover yang diaransemen dengan cerdas ini bahkan lebih hit.

Lagu ini mencapai No. 4 di Hot 100 setelah Mendes dan Brasil '66 membawakannya di Oscar pada bulan April 1968 (di mana lagu ini dinominasikan untuk lagu orisinal terbaik). Janis Hansen menjadi penyanyi utama, menjadikan lagu ini salah satu dari sedikit lagu utama Brasil '66 di mana Lani Hall tidak tampil di depan. Fergie dan will.i.am tampil di versi remake yang menjadi pembuka album Mendes tahun 2008, Encanto.
 
5. Like a Lover (1967)

"Like a Lover" ditulis oleh Alan dan Marilyn Bergman menampilkan balada yang menghipnotis dengan jenis lirik romantis. Lagu ini ditampilkan di sisi B dari hit 10 teratas "The Look of Love." "Like a Lover," versi bahasa Inggris dari "O Cantador," telah direkam oleh Carmen McRae, Sarah Vaughan, Dianne Reeves, Al Jarreau, dan Natalie Cole.

4. So Many Stars (1967)

Masih dari album "Look Around", Bergmans juga ikut menulis lagu yang indah ini, yang juga masuk dalam sisi B dari 10 lagu hit teratas “The Fool on the Hill". “So Many Stars” telah direkam oleh penyanyi-penyanyi hebat seperti Tony Bennett, Sarah Vaughan, Barbra Streisand, dan Natalie Cole. Pertunjukan Lani Hall ini menunjukkan bahwa ia termasuk dalam kelompok tersebut.
 
3. Pretty World (1969)

Lagu ini juga kembali ditulis Bergmans, memiliki aransemen yang bersemangat dan lirik yang penuh semangat yang membuatnya jelas sebagai produk tahun 60-an. Namun, lagu ini juga menyertakan ajakan romantis yang abadi dan menawan. Lagu ini adalah permata kesederhanaan dan pernyataan yang tidak berlebihan.

2. The Fool on the Hill (1968)

Aransemen lagu "The Fool on the Hill" yang ceria dari grup ini banyak mengambil gaya Bacharach dan menunjukkan apa yang mungkin terjadi jika Bacharach memproduseri The Beatles. Lagu ini membawa Brasil '66 meraih nominasi Grammy untuk penampilan pop kontemporer terbaik, duo vokal atau grup, di mana lagu ini bersaing dengan "Hey Jude" milik The Beatles.

Anehnya, ini adalah satu-satunya nominasi Grammy untuk Brasil '66, dengan sebelumnya Mendes telah mendapatkan lima nominasi tambahan sebagai artis solo. Mendes pernah membawakan lagu ini di konser penghormatan MusiCares Person of the Year 2015, saat Paul McCartney menjadi penerima penghargaan tersebut.

1. Mais Que Nada (1966)

Lagu ini ditulis dan direkam pada tahun 1963 oleh komposer Portugis Jorge Ben. Versi Mendes berada di Hot 100 selama delapan minggu pada tahun 1966, membuka telinga orang Amerika terhadap irama Latin.

Lagu ini masuk ke Hot 100 pada bulan yang sama ketika ikon musik Latin masa depan Gloria Estefan berusia sembilan tahun, yang menunjukkan kepada Anda seberapa awal hal ini terjadi. Versi baru dari lagu dari Timeless yang menampilkan The Black Eyed Peas, menerima nominasi Grammy untuk penampilan urban/alternatif terbaik dan nominasi di Latin Grammy untuk rekaman tahun ini.

Baca juga: Jazz Gunung Bromo, amfiteater tertinggi dunia

Baca juga: ASEAN Jazz tampilkan kolaborasi musisi dunia
 
 
 

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024