Deli Serdang (ANTARA) - Jawa Barat memastikan tiket semifinal sepakbola putri PON Aceh-Sumut 2024 setelah menaklukkan Bangka Belitung 1-0 di Stadion Mini Disporasu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu.

Gol semata wayang Jawa Barat itu dicetak oleh Hanipah Halimatusyadiyah pada menit ke-28.

Jawa Barat melanjutkan tren positif setelah mengalahkan tuan rumah Sumatera Utara 2-0 pada laga sebelumnya.

Jawa Barat menjadi tim pertama yang lolos ke semifinal. Bangka Belitung masih berpeluang lolos jika  mengalahkan Sumatera Utara pada laga kedua untuk  menjadi runner-up terbaik dari tiga grup.

Pelatih Jawa Barat Fauzi Bramantio senang namun mengakui  pertandingan hari ini sangat menguras energi tim asuhannya.

"Kita recovery cuma sehari dan Babel punya waktu yang lebih panjang dari kita secara kondisi mereka lebih bugar," kata dia.

Baca juga: Tim sepak bola putri DKI makin optimistis hadapi Sulsel 

"Tapi alhamdulilah semua berjalan baik walaupun secara kondisi mereka istirahat lebih panjang,  tapi secara teknis kita saling adu taktikal."

Fauzi menilai lawannya bermain lebih bertahan pada babak pertama tapi berubah menyerang pada babak kedua. "Tapi saya bisa mengantisipasi dan mengalahkan mereka," kata Fauzi.

Fauzi mengaku memiliki waktu pemulihan lebih panjang untuk menyiapkan strategi yang tepat karena akan bertanding kembali pada Kamis pekan depan dalam semifinal.

"Untuk taktikal kita akan lihat dulu siapa lawan kita di semifinal karena setiap tim punya taktikal yang berbeda," kata dia.

Pemain Jawa Barat, Tia Darti. bersyukur bisa menang dan lolos babak semifinal.

Baca juga: Sepak Bola - Tim Putri Papua Pegunungan benamkan Kaltim 3-1

"Walaupun kita punya recovery lebih sedikit tapi alhadmulilah kita tetap bisa bermain baik dan menang hari ini," ujarnya.

Pelatih Bangka Belitung Gaguk Setia kecewa dengan kekalahan yang dialami timnya.

"Yang pasti pertandingan hari ini tidak sesuai dengan strategi yang kita persiapkan mungkin anak-anak nervous," kata Gaguk.

Namun Gaguk tak menyerah karena timnya berpeluang lolos fase grup dengan menyisakan laga melawan Sumatera  Utara.

"Pertandingan kedua akan kami manfaatkan untuk mencari peluang lolos fase penyisihan dan masuk ke babak semifinal," katanya.

Baca juga: Sepak Bola - Tim putri DKI Jakarta kalahkan Papua 2-1

Pewarta: Juraidi
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024