Bukittinggi,- (ANTARA) -
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), memperluas jangkauan layanan kesehatan di daerah hingga ke nagari (desa), melalui BPJS Online.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi Haris Prayudi, Sabtu, mengatakan program ini memungkinkan peserta jaminan kesehatan nasional untuk mengakses berbagai layanan administrasi BPJS Kesehatan secara daring. Mulai dari pendaftaran, pengaduan hingga perubahan fasilitas kesehatan dapat dilakukan melalui BPJS online.
 
Nagari atau Desa Tigo Koto Silungkang, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, mengambil bagian dalam pengembangan layanan ini.
 
Menurutnya, sudah lima kelurahan atau nagari yang sudah melakukan kerja sama BPJS online di seluruh wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi. Lima nagari tersebut tersebar di beberapa wilayah kerja yakni dua di Kabupaten Agam, satu di Kabupaten Pasaman, dan dua lagi di Kabupaten Pasaman Barat.

Baca juga: BPJS Kesehatan beri layanan prima sambut Hari Pelanggan Nasional
 
"Tentunya ini akan terus berproses, karena dalam minggu ini kemungkinan ada penambahan lagi di dua nagari yang ada di Kabupaten Agam," katanya.
 
Ia mengatakan saat ini Nagari Tigo Koto Silungkang tengah menandatangani proses kerja sama BPJS online di daerahnya.
 
"Setelah dilakukan penandatanganan kerja sama dengan pihak nagari, kami langsung lakukan uji coba dan melakukan evaluasi. Tentu kami mengharapkan agar kedepannya pelayanan ini terus bisa dijadwalkan dengan baik," katanya. 
 
Selain itu ia juga menyampaikan pelayanan BPJS online ini adalah salah satu kanal layanan non-tatap muka yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan guna menunjang kebutuhan masyarakat pada era digitalisasi layanan.

Baca juga: BPJS Kesehatan sediakan kanal layanan permudah pengaduan peserta JKN
 
"Kami mempunyai beragam kanal layanan untuk masyarakat, mulai dari pelayanan tatap muka maupun non-tatap muka," katanya.
 
Ia juga mendorong masyarakat untuk memanfaatkan layanan non-tatap muka BPJS Kesehatan.
 
"Saat ini zaman sudah mengarah kepada era digitalisasi termasuk dalam hal pelayanan kepada masyarakat. Digitalisasi layanan ini seharusnya mampu menjembatani masyarakat yang terkendala waktu ataupun jarak," sebutnya.

Baca juga: BPJS Kesehatan: AMAN JKN solusi layanan cepat dan mudah bagi peserta
 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024