Banda Aceh (ANTARA) - Tim bola basket putra Sulawesi Utara menyegel tiket semifinal usai mengatasi perlawanan tuan rumah Aceh 91-44 pada pertandingan keempat pul B Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 di GOR Harapan Bangsa, Banda Aceh, Sabtu.

Tambahan dua poin membuat Sulawesi Utara kini mengamankan total delapan poin atau menyapu bersih kemenangan di babak grup.

Kemenangan atas Aceh, tak dapat terlepas dari performa impresif Toraya A. Pongluturan yang mencatatkan total 20 poin. Pemain berusia 18 tahun tersebut menjadi salah satu kunci Sulawesi Utara bersama dengan sang kapten Christ Sembel yang total menyumbangkan 12 poin.

Bermain di kuarter pertama, Aceh mampu tampil dominan dan unggul lima poin di interval pertama, 7-2. Seusai interval, Sulut tampil lebih tenang dan mengatur tempo permainan. Hasilnya Sulut mampu membalikkan keunggulan dengan unggul 20-12 di masa akhir kuarter pertama.

Memasuki kuarter kedua, Aceh yang meladeni dominasi Sulut dengan permainan terbuka kerap melakukan kesalahan-kesalahan yang merugikan. Sulut yang tampil seolah tanpa beban mampu unggul 55-27 untuk mengakhiri babak pertama.

Baca juga: Tim basket putra DKI Jakarta taklukkan Jateng 82-69
Baca juga: Bola Basket - Hasil dan jadwal cabor basket 5x5 PON hari kedua


Di kuarter ketiga, Sulut kian tak terbendung usai tim asuhan Roland Lengkong tersebut mampu mengeksplorasi Aceh. Pada kuarter ketiga Sulut unggul dengan selisih yang cukup jauh, 72-35.

Di kuarter keempat, Sulut tak mengurangi tempo permainan dan terus menggempur Aceh melalui serangan-serangan tembakan dua angka. Akhirnya Sulut mampu menutup kuarter keempat dengan kemenangan 91-44.

Kemenangan atas Aceh membuat Sulut memuncaki klasemen pul B dengan total raihan delapan poin dan menjadi semifinalis. Sedangkan Aceh terdampar di posisi juru kunci dengan mengemas empat poin dari empat pertandingan.

Baca juga: Basket putra Jatim redam permainan Bali 73-64

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024