Jakarta (ANTARA) - Bupati Tambrauw, Gabriel Asem resmi mencalonkan diri menjadi calon gubernur Papua Barat Daya pada Pilkada 2024 bersama dengan Lukman Wugaje sebagai wakilnya.

Gabriel – Lukman yang dikenal dengan sebutan pasangan GAUL ini diusung Partai Perindo, Hanura dan Gelora.

Gabriel Asem atau biasa disapa Gebi adalah politikus yang tergabung dengan Partai Golongan Karya dan menjabat sebagai Bupati Tambrauw tahun 2017.

Gebi mengawali kariernya sebagai pegawai negeri sipil di Kabupaten Sorong sebelum pemekaran menjadi Kabupaten Tambauw. Gebi sebelumnya pernah menjabat sebagai Direktur Keuangan PDAM Kabupaten Sorong.

Di Kabupaten Tambrauw, jabatan terakhir yang diemban Gebi adalah Kepala Dinas Pendapatan, Aset, dan Keuangan Daerah (DPKAD) hingga akhirnya ia memutuskan untuk terjun ke dunia politik dan menjadi bupati.

Awal perjalanan politik Gebi adalah dengan terpilihnya dia sebagai Bupati Tambrau pada Pilkada 2011. Dia berpasangan dengan Yohanes Yembra sebagai wakilnya. Mereka berhasil medapatkan suara terbanyak yaitu dengan meraih 45,93% suara sah yang membuat mereka akhirnya terpilih sebagai bupati dan wakil bupati Tambrauw.

Sukses dengan periode pertamanya menjadi bupati, Gebi kembali mencalonkan diri pada Pilkada Tambrauw 2017 dan didukung oleh 8 partai politik.

Pada pemilihan ini Gebi berpasangan dengan Mesak Metusala Yekwan sebagai calon bupatinya. Pasangan Gebi-Yekwam berhasil meraih 87,07 persen suara sah dan terpilih sebagai bupati Tambrauw pada tahun 2017.

Gebi dianggap sebagai salah satu bupati yang paling berpengaruh di Papua Barat, selama menjabat sebagai bupati Gebi memastikan akan ketersediaan air bersih di 29 distrik dan 216 kampung, membuka akses jalan ke semua distrik, dan membangun PLTMH Warabiyai. Gebi dianugerahi Satya Lencana Pembangunan oleh Presiden RI, Joko Widodo, pada tahun 2017 berkat hasil kerjanya tersebut.

Selain sukses di bidang politik, Gebi juga merupakan seseorang yang aktif dalam berbagai organisasi. Dia merupakan Ketua Umum Pengurus Daerah KAGAMA Papua Barat dari tahun 2018 hingga saat ini.

Gebi juga pernah menjabat sebagai Ketua KMK Pascasarjana UGM yang dimana UGM merupakan almamaternya.

Baca juga: Profil Mathius Derek Fakhiri, cagub Papua dalam Pilkada 2024

Baca juga: Profil Bernard Sagrim, calon gubernur Papua Barat Daya 2024

Baca juga: Profil Natan Pahabol, cawagub Papua Pegunungan untuk Pilkada 2024

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024