Jakarta (ANTARA) - Bernard Sagrim resmi menjadi bakal calon kepala daerah di Pilkada serentak 2024.

Mantan Bupati Maybrat ini berpasangan dengan Sirajudin Bauw yang merupakan Pejabat Kementerian Agama Provinsi Papua barat dalam Pilgub Papua Barat Daya kali ini.

Bernard Sagrim adalah adalah seorang politikus dari Partai Golongan Karya. Dia mengawali karier politiknya setelah ditunjuk sebagai Penjabat Bupati di kabupaten baru hasil pemekaran Kabupaten Sorong, yaitu Kabupaten Maybrat pada tahun 2009.

Di akhir masa jabatannya, Sagrim kembali mencalonkan diri sebagai Bupati Mauybrat dan berpasangan dengan Karel Murafer sebagai wakilnya pada pemilihan bupati tahun 2011.

Pasangan Bernard Sagrim-Karel Murafer dinyatakan unggul dan kembali dilantik sebagai bupati Maybrat pada November 2011.

Namun di tengah periode jabatannya Bernard tersandung kasus korupsi sehingga divonis masa hukuman selama 15 bulan.

Pada tahun 2017 Sagrim kembali mencalonkan dirinya sebagai Bupati Maybrat, pada periode ini Sagrim berpasangan dengan Paskalis Kocu yang diusung oleh empat partai politik, yaitu PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, dan PKS. Meskipun sempat memicu kerusuhan di Kabupaten Maybrat, Sagrim kembali dilantik menjadi Bupati Maybrat.

Tidak berhenti sampai disitu, di tahun 2024 Bernard Sagrim mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI dalam pemilu serentak 2024 dan memperoleh 43.000 suara.

Berbekal pengalamannya di bidang politik, Sagrim sudah memantapkan diri untuk maju sebagai calon gubernur Papua Barat Daya di Pilkada 2024. Sagrim dan Sirajudin diusung oleh partai Golkar.

Dukungan juga datang dari tiga partai nonparlemen, yaitu Partai Bulan Bintang (PBB), Garuda dan Partai PKN.

Baca juga: Profil Natan Pahabol, cawagub Papua Pegunungan untuk Pilkada 2024

Baca juga: Profil Ones Pahabol, Cawagub Papua Pegunungan Pilkada 2024

Baca juga: Profil singkat Befa Yigibalom, cagub Papua Pegunungan Pilkada 2024

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024