Banda Aceh (ANTARA) - Tim bola basket putri provinsi Sulawesi Selatan memetik kemenangan kedua usai membungkam Yogyakarta dengan skor 55-50 pada pertandingan keempat pul Y dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 di Gelanggang Olahraga Harapan Bangsa, Banda Aceh, Sabtu.

Kemenangan dari Sulawesi Selatan tak dapat dilepaskan dari performa impresif duet Aviva Maharani dan Meutia Angelina yang sama-sama menyumbangkan 12 poin.

Selain itu Sulawesi Selatan mempunyai pendulang poin yang merata dengan kehadiran Salsadilla yang menorehkan 10 poin sedangkan Wasti Ira Kornelius menyumbang 9 poin.

Di kubu Yogyakarta, penampilan Monica Selviana sempat membangkitkan asa dari tim asuhan Nurcahyono Yulianto usai menyumbangkan total 20 poin.

Di kuarter pertama, kedua tim bermain langsung agresif sejak menit pertama. Saling jual beli serangan mampu dimanfaatkan Yogyakarta yang mengandalkan counter cepat untuk unggul lima poin di akhir kuarter, 13-8.

Memasuki kuarter kedua, Sulawesi Selatan bermain lebih sabar dan tak meladeni gaya permainan atraktif dan cepat dari Yogyakarta. Di pertengahan kuarter Sulawesi Selatan mampu membalikkan kedudukan lalu menutup dengan keunggulan lima poin, 21-16.

Usai jeda, Sulawesi Selatan bermain lebih menekan dan mendominasi permainan. Pelanggaran-pelanggaran dari pemain Yogyakarta yang diganjar lemparan bebas mampu dimaksimalkan oleh Sulawesi Selatan untuk memperlebar keunggulan menjadi delapan poin di pertengahan kuarter, 30-22. Memasuki interval akhir kuarter ketiga, Sulawesi Selatan kian tak terkejar dan menutup kuarter dengan keunggulan 44-38.

Di kuarter keempat, Sulawesi Selatan memulai pertandingan dengan intensitas yang lebih menurun. Bahkan Yogyakarta mampu memperkecil kedudukan dengan selisih satu poin pada masa interval kedua dengan skor 50-51. Secara perlahan tim asuhan Eddy Winarso tersebut mencoba untuk mengatur tempo permainan dan mampu mengamankan empat poin untuk menutup kemenangan menjadi 55-50.

Kemenangan ini tak membuat Sulawesi Selatan menyegel tiket semifinal usai pada pertandingan sebelumnya, Jawa Timur mampu menaklukkan Papua dengan skor 60-24.

Kemenangan Jawa Timur tersebut membuat peluang Sulawesi Selatan tertutup untuk meraih tiket, pasalnya kini Jawa Timur dan Jakarta sama-sama mengoleksi 7 poin sedangkan Sulawesi Selatan mengamankan total enam poin dari empat pertandingan.

Baca juga: Bola basket – Tim basket putri Bali telan kekalahan dari Jabar

Baca juga: Bola basket – Tim putri DKI raih tiket semifinal usai bungkam Sulsel

Baca juga: Basket - Pelatih: Kemenangan Jatim-Sulsel sesuai prediksi

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024