Jakarta (ANTARA) - Laode Muhammad Ihsan Taufik Ridwan, seorang politisi muda dengan latar belakang pengusaha, telah menjadi salah satu kandidat calon wakil gubernur (Cawagub) Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Pilkada 2024.

Akrab disapa LM Ihsan, ia bukan merupakan sosok baru dalam dunia politik. Sebelumnya ia pernah maju dalam Pilbup 2017 sebagai Bupati Muna 2017.

Tahun 2024 ini, Tina Nur Alam sebagai calon Gubernur resmi memilih LM Ihsan menjadi calon wakil gubernur untuk memimpin Sulawesi Tenggara. Kandidat ini didukung dan diusung dari berbagai partai besar yakni Golkar, Nasdem, PKS, Partai Ummat, dan PSI.

Mengenal lebih lanjut, berikut profil Laode Muhammad Ihsan Taufik Ridwan.

Profil Laode Muhammad Ihsan Taufik Ridwan

Pendidikan LM Ihsan pernah bersekolah di SMA Negeri 1 Raha dan melanjutkan pendidikan tinggi dengan memiliki gelar Sarjana Teknik (ST) dan Profesi Insinyur (Ir).

Ayahnya adalah Ridwan Bae, seorang tokoh politisi senior yang menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi V DPR RI Golkar.

Selain itu, perlu diketahui bahwa Ridwan Bae pernah menjabat sebagai Bupati Muna tahun 2000-2005, Ketua DPD I Golkar Sultra tahun 2008-2020, dan Dewan Legislator DPR RI tahun 2014-2024 selama dua periode.

LM Ihsan menikah dengan Nur Alina Namirah Faradiba pada September 2023 di Makassar, Sulawesi Selatan.

Selanjutnya, LM Ihsan pun bergabung menjadi politisi muda dari Partai Golkar sekaligus seorang pengusaha.

LM Ihsan pernah diusung untuk maju menjadi calon Bupati Muna dalam Pilkada 2017. Namun pada kesempatan ini, ia kalah suara terbanyak dari Rajiun Tumada-Achmad Lamani.

Pada 2024, nama LM Ihsan kembali diusung dalam Pilkada 2024 sebagai calon Bupati Muna 2024 bersama Awal Jaya Balombo sebagai calon Wakil Bupatinya dan menjalankan proses pencalonan tersebut.

Namun, pada bulan Agustus 2024, DPP Partai Golkar mengumumkan nama calon gubernur dan calon wakil gubernur, salah satunya nama LM Ihsan disebut sebagai calon wakil gubernur bersama Tina Nur Alam sebagai calon gubernur Sultra dalam Pilkada 2024.

Walaupun LM Ihsan belum memiliki banyak pengalaman dalam dunia politik pemerintahan dan berlatarbelakang sebagai pengusaha muda, dirinya tetap optimis untuk bisa berkontribusi memimpin Sulawesi Tenggara dan membawa perubahan lebih maju di masa depan dengan rancangan program-programnya.

Baca juga: Profil singkat Elisa Kambu, calon gubernur Papua Barat Daya 2024

Baca juga: Tina Nur Alam, perempuan cagub Sultra untuk Pilkada 2024

Baca juga: Profil I Nyoman Giri Prasta, bakal cawagub Bali di Pilkada 2024


 

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024