Jakarta (ANTARA) - John Tabo menjadi salah satu politikus yang maju sebagai calon gubernur Papua Pegunungan dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 November 2024.

John Tabo didampingi pasangannya, Ones Pahabol sebagai calon wakil gubernur. Pasangan ini maju di Pilkada Papua Pegunungan 2024 mendapat dukungan dari partai politik, di antaranya Partai Demokrat dan Partai Golkar.

Lahir di Tolikara Papua pada 2 Juni 1970, John Tabo merupakan salah satu tokoh perintis pemekaran Provinsi Papua Pegunungan. Ia pernah dipercaya menjabat dua kali sebagai Bupati di kabupaten yang berbeda, yakni di Tolikara dan Mamberamo Raya.

Baca juga: Profil Abdul Faris Umlati "AFU" Cagub Papua Barat Daya 2024

John Tabo memulai karier politiknya sebagai Anggota DPRD Jayawijaya dan berlanjut menjadi Ketua DPRD Jayawijaya periode 1999-2004. Nama John Tabo semakin dikenal pada saat dirinya dipercaya menjabat sebagai Bupati Tolikara periode 2005-2010.

Pada pilkada serentak tahun 2020, John Tabo bersama wakilnya Ever Mudumi berhasil dipercaya menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Mamberamo Raya periode 2021-2024. Pasangan ini diresmikan oleh Gubernur Lukas Enembe, pada Senin (13/9/2021).

Ia juga bergabung sebagai kader dari partai Golkar dan menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Papua Pegunungan.

Kini, John Tabo bersama Ones Pahabol resmi mencalonkan diri sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Papua Pegunungan dalam Pilkada 2024 dan telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum di Gedung Tongkonan Wamena Kabupaten Jayawijaya pada 29 Agustus 2024.

Sebagai informasi, Provinsi Papua Pegunungan merupakan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua yang pertama kalinya akan menyelenggarakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2024, demikian dirangkum dari berbagai sumber.

Baca juga: Profil Dominggus Mandacan, cagub petahana Papua Barat Pilkada 2024

Baca juga: Profil Mohammad Lakotani, cawagub tunggal Pilkada Papua Barat 2024

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2024