Beijing (ANTARA) - Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi mengusulkan tiga prinsip bagi komunitas internasional ketika bekerja sama dengan Afrika.

Wang menyampaikan usulan tersebut pada Kamis (5/9) saat menggelar jumpa pers bersama dengan Menlu Senegal Yacine Fall dan Menlu Republik Kongo Jean-Claude Gakosso dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Forum Kerja Sama China-Afrika (Forum on China-Africa Cooperation/FOCAC) 2024.

Dia mengatakan bahwa China mengharapkan semua negara yang terlibat dalam kerja sama dengan Afrika untuk menjunjung tinggi keadilan.

Mencapai modernisasi bukanlah hak istimewa yang hanya dimiliki oleh segelintir negara, dan negara-negara Afrika juga memiliki hak untuk berkembang, ujar Wang.

Sangatlah penting untuk mendengarkan suara-suara Afrika dan menghormati aspirasi masyarakat Afrika untuk mengeksplorasi jalur pembangunan mereka sendiri, ujarnya.

Dirinya menambahkan bahwa kerja sama internasional dengan Afrika harus bersifat pragmatis, seraya mengimbau semua negara mitra untuk mewujudkannya janji dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Afrika.


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024