Jakarta (ANTARA) - Saat Anda merasa jenuh, staycation mungkin bisa menjadi solusi untuk menyegarkan pikiran dan menghilangkan rasa lelah Anda.

Staycation memang menjadi istilah yang sering terdengar ketika orang ingin berlibur dan menginap tanpa harus bepergian jauh.

Staycation dapat memberi Anda pengalaman dan kesempatan untuk bersantai di rumah atau di tempat yang dekat, untuk menikmati kenyamanan dan ketenangan tanpa harus meninggalkan lingkungan yang Anda kenal.

Biasanya staycation dilakukan di apartemen, hotel, atau villa yang menarik di berbagai destinasi wisata. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan staycation?

Berikut pengertian dari staycation dan manfaatnya, untuk memberikan gambaran tentang bagaimana staycation dapat menjadi alternatif liburan yang berkesan dan bermanfaat.


Pengertian staycation

Staycation adalah istilah yang menggabungkan kata dari bahasa Inggris yaitu "stay" (tinggal) dan "vacation" (liburan), yang mengacu pada liburan di rumah sendiri atau di area terdekat, dengan menetap atau tinggal di lokasi tersebut.

Konsep ini menawarkan kesempatan untuk beristirahat dan bersantai tanpa harus meninggalkan kota atau negara tempat tinggal.

Manfaat staycation termasuk mengurangi stres, menghemat biaya, dan memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi lebih dalam tempat-tempat lokal yang mungkin terlewatkan.

Selain itu, staycation memungkinkan Anda untuk menikmati waktu berkualitas dengan keluarga dan teman, sambil mengurangi pikiran yang jenuh dengan harga yang terjangkau.

Manfaat staycation

1. Mengurangi rasa jenuh atau bosan

Dengan staycation, Anda dapat menjelajahi lebih dalam tempat-tempat di sekitar lingkungan Anda yang belum pernah Anda kunjungi, tanpa perlu bepergian jauh. Ini memungkinkan Anda merasakan suasana baru dan mengurangi rasa jenuh.

2. Penghematan biaya

Mengurangi biaya perjalanan dan akomodasi, sehingga lebih hemat dibandingkan liburan jauh.

3. Mengurasi stres

Dengan staycation, Anda dapat mengurangi stres karena liburan dan tinggal di tempat yang belum pernah Anda kunjungi akan memberikan pengalaman dan suasana yang baru. Ini membantu mengatasi kebosanan yang sering menjadi penyebab stres dan masalah pekerjaan.

4. Mendapatkan kenyamanan dalam beristirahat

Tinggal dan berlibur di tempat yang belum pernah Anda kunjungi, membuat Anda merasa lebih nyaman dalam melakukan istirahat. Seperti tinggal di apartemen, hotel, atau villa yang menarik bersama keluarga, teman, atau sendiri.

5. Menciptakan waktu yang berkualitas bersama dengan orang terdekat

Dengan staycation memungkinkan Anda untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga, teman, dan orang terdekat lainnya, dengan berlibur dan menetap di tempat sekitar Anda.

6. Mendapatkan kesempatan untuk mengeksplorasi daerah sekitar

Staycation memberikan peluang untuk menjelajahi area sekitar yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya. Anda bisa menemukan lokasi-lokasi menarik dan menambah pengalaman Anda.
Baca juga: Survei: Berlibur ke luar kota lebih diminati ketimbang "staycation"

Baca juga: Patra Semarang tawarkan paket liburan di hotel selama Lebaran

Baca juga: Four Points by Sheraton Surabaya Ajak Tamu Rayakan Akhir Tahun


Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024