Deli Serdang (ANTARA) - Pengurus Besar Persatuan Drum Band Indonesia (PB PDBI) mengharapkan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 dapat menjadi wadah yang memajukan cabang olahraga drum band (orkes barisan). 

"Ke depan (melalui PON XXI/2024), kita harapkan ada kreativitas dan kita kembangkan lagi untuk jalannya kemajuan dari cabang olahraga drum band di Indonesia," ujar Ketua Umum PB PDBI Marsma TNI Ronny Irianto Moningka kepada wartawan usai membuka pertandingan drum band PON 2024 di Stadion Madya Atletik di Kawasan Sumut Sport Center, Desa Sena, Batangkuis, Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu.

Drum band merupakan salah satu cabang olahraga yang membutuhkan kecerdasan, stamina, serta konsentrasi yang tinggi, karena para atlet harus bergerak sesuai koreografi yang sudah diatur sambil memainkan instrumen musik yang mereka bawa. 

Pada tahun ini, Ronny menyampaikan sebanyak 8 provinsi akan memperebutkan 17 medali dari cabang olahraga (cabor) drum band. Delapan provinsi itu meliputi Aceh, Sumatera Utara, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Kalimantan Tengah.

Delapan provinsi itu, kata dia melanjutkan, terpilih setelah mengikuti sejumlah tahapan seleksi yang ketat.

"Ini semua ada mekanismenya, ya. Jadi ada mulai dari Kejurnas, kemudian babak kualifikasi, baru PON," kata dia.

Ia lalu berharap delapan provinsi itu dapat menjadi pemicu bagi provinsi lain untuk menyiapkan drum band terbaiknya.

Sebelumnya pada Jumat (6/9), Ketua Panitia Pelaksana Cabor Drum Band Nirwana Agus Saputradi telah menyampaikan bahwa secara keseluruhan panitia pelaksana cabang olahraga drum band sudah mempersiapkan segala hal agar perlombaan tersebut dapat berjalan dengan sukses.

"Saya bersama unsur kepanitiaan cabor drum band PON XXI Aceh-Sumut 2024 yang berjumlah 112 orang termasuk juri telah menyatukan tekad agar pelaksanaan cabor drumband di PON tahun ini akan berjalan tanpa ada kendala apa pun. Kami menyadari, jika ada kesalahan sedikit itu lumrah, tapi kami akan secepat mungkin untuk menyelesaikan kesalahan itu," ucap dia.

Sementara itu, Technical Delegate PB PDBI Fakhrurrozi menyampaikan bahwa pada Sabtu ini peserta akan memperebutkan dua medali emas di nomor Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP) 400 meter beregu putra dan putri serta 800 meter campuran.

Baca juga: Balap Sepeda - Jatim borong dua emas, Bali raih emas pertama di MTB

Baca juga: Pedayung Kalsel rebut medali emas pada nomor kayak 200 meter PON XXI

Baca juga: Round Up - Menuju rampungnya persiapan PON di tengah kompetisi

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024