Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa hukum telah diwartakan Kantor Berita ANTARA pada Jumat (6/9) kemarin menjadi sorotan, mulai dari Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dinyatakan melanggar kode etik sebagai insan KPK hingga petugas gabungan TNI/Polri siap pengamanan dan mengawal kepulangan pemimpin umat Katolik dunia yang juga Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus.

Berikut rangkuman berita hukum yang masih layak dibaca untuk informasi pagi ini.

1. Dewas KPK nyatakan Nurul Ghufron langgar kode etik

Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron telah melanggar kode etik sebagai insan KPK dengan mengintervensi proses mutasi seorang aparatur sipil negara di lingkungan Kementerian Pertanian.

"Menyatakan terperiksa Nurul Ghufron terbukti menyalahgunakan pengaruh untuk kepentingan pribadi sebagaimana diatur dalam Pasal 4 ayat (2) huruf b Peraturan Dewan Pengawas Nomor 3 Tahun 2021 tentang Penegakan Kode Etik dan Kode Perilaku KPK," kata Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean selaku Ketua Majelis Sidang Kode Etik KPK pada sidang di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, Jakarta Selatan, Jumat.

Selengkapnya klik di sini.

2. Densus 88 tangkap tujuh penyebar teror saat kedatangan Paus Fransiskus

Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri menangkap tujuh orang dari berbagai daerah yang diduga menyebar teror di media sosial saat kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia.

"Mereka ini memprovokasi dan menyebar ancaman yang berisi propaganda atau ancaman teror melalui medsos terhadap kedatangan Paus ke Jakarta," kata Juru Bicara Densus 88 Antiteror Mabes Polri Kombes Pol. Aswin Siregar di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya klik di sini.

3. Imigrasi prediksi 1.000 peziarah WNI akan melintas ke Timor Leste

Kantor Imigrasi Atambua di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, memprediksi 1.000 peziarah dari Indonesia akan melintasi PLBN Mota Ain menuju Timor Leste mulai Sabtu (7/9) hingga Minggu (8/9).

"Kami prediksi jumlah pelintas yang menghadiri Misa Suci Paus Fransiskus di Dili Timor Leste mencapai 1.000 orang," kata Kepala Kantor Imigrasi Atambua Indra Maulana Dimyati saat dihubungi dari Kupang, Jumat.

Selengkapnya klik di sini.

4. Polri pastikan keamanan kepulangan Paus Fransiskus

Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), memastikan petugas gabungan TNI/Polri siap pengamanan dan mengawal kepulangan pemimpin umat Katolik dunia yang juga Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus setelah menjalani agenda apostolik di Indonesia mulai Selasa (3/9) hingga Jumat.

"Sejak pukul 05.30 WIB tim pengamanan di Bandara Soetta bersiap di VVIP Room," kata Wakapolresta Bandara Soetta AKBP Ronald F.C. Sipayung di Tangerang, Banten, Jumat

Selengkapnya klik di sini.

5. Polda DIY ungkap 3 hektare ladang ganja di Gayo Lues

Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta mengungkap ladang ganja seluas 3 hektare yang ditanami 2.500 pohon ganja di Kabupaten Gayo Lues, Aceh.

Wadir Resnarkoba Polda DIY AKBP Muharomah Fajarini saat konferensi pers di Mapolda DIY, Sleman, D.I. Yogyakarta, Jumat, mengatakan bahwa ladang ganja tersebut ditemukan oleh tim penyidik Ditresnarkoba Polda DIY pada tanggal 22 Agustus 2024.

"Ladang ganja seluas kurang lebih 3 hektare masih ditumbuhi pohon ganja setinggi kurang lebih 1,5 meter sampai 2 meter dengan jumlah sekitar 2.500 batang pohon ganja," ujar Fajarini.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024