Semoga bantuan yang kami salurkan dapat memberikan sedikit kelegaan dan harapan bagi para korban,
Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI mengirimkan tim Baznas Tanggap Bencana (BTB) guna membantu korban bencana puting beliung yang terjadi di Desa Situ Ilir, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu yang lalu.

Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan melalui keterangan di Jakarta, Sabtu, mengatakan langkah awal yang diambil oleh tim BTB adalah melakukan asesmen cepat di lokasi terdampak guna mengetahui skala kerusakan dan kebutuhan mendesak warga.

Baca juga: Baznas-IPB luncurkan Santripreneur Kompetisi Wirausaha Pertanian 2024

"Setelah melakukan asesmen, tim BTB segera memberikan bantuan berupa material bangunan, paket logistik keluarga, makanan, serta sabun khusus untuk anak-anak yang mengalami ruam akibat kondisi pasca-bencana," katanya.

Saidah mengatakan tim BTB juga terlibat dalam aksi layanan dengan membantu warga membersihkan sisa-sisa material rumah yang rusak dan melakukan perbaikan pada bangunan yang mengalami kerusakan.

Ia menyebut bantuan ini diberikan untuk meringankan beban warga yang terdampak, serta membantu mereka memulai proses pemulihan.

"Kami berkomitmen untuk terus mendampingi warga yang terdampak, dan memastikan bahwa setiap bantuan yang kami berikan benar-benar bermanfaat," ujarnya.

Baca juga: Baznas salurkan paket logistik untuk mustahik Muslim Baduy di Banten

Saidah memastikan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan lainnya untuk meminimalkan dampak bencana ini, serta memberikan dukungan yang maksimal kepada para penyintas.

Melalui bantuan tersebut, ia mewakili Baznas berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak, khususnya anak-anak yang paling rentan terhadap efek buruk bencana.

"Semoga bantuan yang kami salurkan dapat memberikan sedikit kelegaan dan harapan bagi para korban," ucap Saidah Sakwan.

Baca juga: Baznas berikan rekomendasi pembentukan 7 LAZ guna pacu potensi zakat

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024