Nanti kita cek lokasi dulu, harapannya sebelum kita melakukan bantuan air bersih ke lokasi, tandon air tersebut sudah terpasang di desa yang bersangkutan
Temanggung (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mendapat bantuan 20 tandon air berukuran besar dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Temanggung Totok Nursetyanto di Temanggung, Sabtu, menyampaikan tandon air tersebut sudah ada di BPBD tinggal menyalurkan ke daerah yang memerlukan.

Baca juga: DKI kemarin, Maudy dan Cornelia di tim pemenangan lalu pesan Heru Budi

Ia menyampaikan, beberapa desa di daerah yang kesulitan air di musim kemarau sudah mengajukan surat permohonan untuk mendapatkan tandon air tersebut, antara lain Desa Tanggulanom dan Jetis Kecamatan Selopampang serta desa Duren Kecamatan Bejen.

"Nanti kita cek lokasi dulu, harapannya sebelum kita melakukan bantuan air bersih ke lokasi, tandon air tersebut sudah terpasang di desa yang bersangkutan," katanya.

Ia menyampaikan, dengan begitu apabila BPBD melakukan bantuan air bersih tinggal memasukkan ke tandon air tersebut dan warga tinggal mengambil dari tandon.

Baca juga: BPBD Sukabumi siap salurkan air bersih ke desa terdampak kekeringan

Totok menuturkan pada musim kemarau tahun ini menyediakan dana untuk penyaluran bantuan air bersih ke daerah kekeringan sebanyak 115 tangki.

Ia menyebutkan hingga kini sudah tersalurkan sekitar 20 tangki air untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

"Sejumlah desa yang meminta bantuan air tersebut berada di tujuh kecamatan, yaitu Bulu, Jumo, Kranggan, Ngadirejo, Selopampang, Tembarak, dan Tretep," katanya.

Baca juga: Jakpus normalisasi saluran air di Jalan Rawasari Barat

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024