​​​​Dalam Festival Kentongan Banyumas 2024 tersebut, setiap grup menampilkan keterampilan mereka dalam memainkan berbagai lagu dengan menggunakan alat musik kentongan
Purwokerto (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro mengharapkan Festival Kentongan Banyumas dapat menjadi daya tarik wisata tersendiri sebagai wahana hiburan yang dapat dinikmati oleh masyarakat Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

"Tahun depan tentunya akan ada lagi dengan kemasan yang lebih meriah lagi," kata Pj Bupati saat membuka Festival Kentongan Banyumas 2024 di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat malam.

Bahkan, kata dia, hiburan yang dihadirkan Pemerintah Kabupaten Banyumas tidak hanya festival kentongan, juga festival mobil hias dan ketoprak pada hari Sabtu (7/9).

Baca juga: Kemendikbudristek: Pembangunan budaya di IKN libatkan masyarakat adat

Terkait dengan hal itu, dia mengajak masyarakat untuk meramaikan berbagai kegiatan yang diselenggarakan di Banyumas.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas Setya Rahendra mengatakan Festival Kentongan Banyumas 2024 diikuti 27 grup kentongan yang merupakan perwakilan dari setiap kecamatan di Banyumas.
Penjabat Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro menjadi mayoret grup kentongan Dinporabudpar Kabupaten Banyumas yang melalukan ekshibisi pada Festival Kentongan Banyumas 2024 di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, jumat (6/9/2024) malam. ANTARA/HO-Pemkab Banyumas


Baca juga: 30 Sekolah Laboratorium Pancasila diluncur di Harmoni Budaya Nusantara

"Nantinya enam terbaik akan meraih juara 1, 2, 3 serta harapan 1, 2, 3,," katanya.

Ia mengatakan para juara akan mendapatkan uang pembinaan, yakni juara 1 sebesar Rp6,5 juta, juara 2 sebesar Rp5,5 juta, dan juara 3 sebesar Rp5 juta.

Selanjutnya, juara harapan 1 sebesar Rp4,5 juta, harapan 2 sebesar Rp4 juta, dan harapan 3 sebesar Rp3,5 juta.

"Selain uang pembinaan, semua pemenang juga akan mendapatkan piala," kata Setya.

​​​​Dalam Festival Kentongan Banyumas 2024 tersebut, setiap grup menampilkan keterampilan mereka dalam memainkan berbagai lagu dengan menggunakan alat musik kentongan.

Setelah tampil secara bergantian di depan panggung kehormatan yang berada di sisi selatan Alun-alun Purwokerto, setiap grup berjalan menyusuri Jalan Jenderal Soedirman menuju Pasar Wage sejauh 3 kilometer sambil menampilkan atraksi musik kentongan guna menghibur ribuan warga yang menyaksikan di sepanjang rute festival.

Selain penampilan grup kentongan dari 27 kecamatan, festival tersebut juga dimeriahkan dengan ekshibisi grup kentongan Dinporabudpar Kabupaten Banyumas yang dipimpin Pj Bupati Hanung Cahyo Saputro sebagai mayoret.

Baca juga: Festival dan bazar hadir di Medan untuk semarakkan PON 2024

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024