Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta menyatakan bahwa jumlah penumpang kereta api jarak jauh selama Januari hingga Agustus 2024 tercatat sebanyak 7.201.433 penumpang.

Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko menyampaikan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat, bahwa jumlah tersebut meningkat 9,4 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya (year-on-year/yoy), yakni 6.519.572 penumpang.

“Kami sangat berterima kasih atas kepercayaan masyarakat yang terus menggunakan layanan KAI. Ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus menjaga dan meningkatkan standar pelayanan, terutama dalam aspek keselamatan dan kenyamanan,” ujarnya.

Terdapat lima kereta api favorit yang paling banyak melayani penumpang yaitu Airlangga (relasi Surabaya Pasarturi–Pasar Senen), Kertajaya (relasi Surabaya Pasarturi–Pasar Senen), Progo (relasi Lempuyangan–Pasar Senen), Argo Dwipangga (relasi Solo Balapan–Gambir), dan Argo Muria (relasi Semarang Tawang–Gambir).

Ia pun mengatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan perbaikan di seluruh lini guna meningkatkan pelayanan bagi pelanggan serta keselamatan perjalanan kereta api agar moda transportasi tersebut dapat terus menjadi pilihan utama masyarakat dalam melakukan perjalanan.

Terkait ketepatan waktu keberangkatan maupun kedatangan, Ixfan menuturkan bahwa aspek tersebut juga mengalami peningkatan kinerja.

Selama Januari hingga Agustus 2024, tingkat ketepatan waktu keberangkatan kereta api penumpang mencapai 99,74 persen, membaik dibandingkan selama Januari hingga Agustus 2023, yakni 99,63 persen.

Ia menyatakan bahwa perbaikan performa ketepatan waktu tersebut diraih melalui peningkatan mutu kinerja operasional secara keseluruhan termasuk perawatan sarana dan prasarana.

Hal tersebut, lanjutnya, merupakan hal yang penting karena ketepatan waktu merupakan salah satu keunggulan dari transportasi kereta api yang bebas macet, sehingga diminati oleh penumpang.

“Ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan adalah salah satu indikator penting dalam pelayanan kami. Dengan berbagai peningkatan yang telah kami lakukan, ketepatan waktu kami terus meningkat sehingga penumpang dapat mengandalkan kereta api sebagai moda transportasi yang efisien,” imbuhnya.

Baca juga: KAI Daop 1 Jakarta catat tren kecelakaan di perlintasan terus menurunBaca juga: KAI Daop 1 rayakan Hari Pelanggan Nasional dengan Sapa Pelanggan

Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024