Jakarta (ANTARA) -
Dominggus Mandacan kembali maju sebagai calon gubernur petahana Papua Barat dalam Pilkada serentak 2024, yang akan berlangsung November.

Dominggus Mandacan, yang diusung Partai NasDem, berpasangan dengan calon wakil gubernur Mohammad Lakotani. Hingga pendaftaran pencalonan ke KPU Provinsi Papua Barat ditutup pada 4 September, Dominggus-Lakotani menjadi pasangan calon tunggal pada Pilkada Papua Barat.

Pasangan Dominggus Mandacan-Mohammad Lakotani saat ini didukung oleh Partai NasDem, Partai Perindo, PPP, Partai Demokrat, PAN, dan Golkar.

Dikenal sebagai tokoh terkemuka Papua Barat, Dominggus Mandacan memiliki rekam jejak panjang dalam dunia pemerintahan dan kepemimpinan daerah.

Dia dikenal sebagai figur yang dekat dengan masyarakat Papua dan memiliki visi untuk membawa perubahan besar di provinsi tersebut. Pengalamannya sebagai Gubernur Papua Barat periode 2017-2022 menjadi bukti komitmennya terhadap pembangunan infrastruktur, pendidikan, dan pemberdayaan masyarakat setempat.

Sebelum menjadi orang nomor satu di Papua Barat, Dominggus Mandacan menjabat sebagai Bupati Manokwari selama dua periode dari 2000 hingga 2010 serta Pejabat Bupati Pegunungan Arfak dari 2013 hingga 2015.

Pada 2015 hingga 2016, dia menjadi Staf Ahli Khusus Bupati Pegunungan Arfak bidang pemerintahan.

Dominggus Mandacan-Mohammad Lakotani menjadi satu-satunya pasangan calon yang maju untuk meraih kursi pemimpin Papua Barat. KPU Provinsi Papua Barat membuka pendaftaran mengikuti Pilkada pada 27-29 Agustus, namun, hanya satu pasangan calon yang mendaftar.

Hingga perpanjangan pendaftaran diadakan pada 2-4 September, Dominggus dan Lakotani tetap menjadi satu-satunya paslon yang mendaftar. 

 

Pewarta: M. Hilal Eka Saputra Harahap
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024