Oleh karena itu, saya ingin menyampaikan penghargaan atas perhatian Board of Governors yang terus menerus terhadap pelaksanaan tindak lanjut atas rekomendasi hasil pemeriksaan oleh Manajemen WMU
Jakarta (ANTARA) - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI melaporkan hasil pemeriksaan atas Laporan Keuangan (LK) World Maritime University (WMU) Tahun 2023 yang memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Hasil pemeriksaan mengungkapkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas laporan keuangan WMU tahun 2023,” ucap Anggota I BPK Nyoman Adhi Suryadnyana kepada Chancellor of WMU, yang juga merupakan Sekretaris Jenderal International Maritime Organization (IMO) Arsenio A. Dominguez dalam Sidang ke-42 Dewan Gubernur (Board of Governors) WMU di Malmö, Swedia, dikutip dari keterangan resmi, Jakarta, Jumat.

Baca juga: BPK: Ulasan atas VNR tingkatkan efektivitas implementasi SDGs

Nyoman juga menyampaikan hal-hal yang perlu menjadi perhatian untuk meningkatkan pengendalian internal WMU, terutama yang berkaitan dengan pengelolaan dan pelaporan keuangan, kendati tak mempengaruhi kewajaran penyajian LK.

Pada kesempatan tersebut, dia mengapresiasi komitmen, keterlibatan positif dan konstruktif, serta profesionalisme yang diberikan oleh Presiden dan Manajemen WMU selama pemeriksaan berlangsung, serta dukungan Board of Governors WMU karena mendorong WMU dalam pelaksanaan rekomendasi pemeriksaan.

Tindak lanjut atas rekomendasi hasil pemeriksaan sebelumnya yang telah mencapai 91 persen menunjukkan upaya tinggi dan berkesinambungan dari WMU dalam meningkatkan tata kelola dan manajemen.

Baca juga: BPK pastikan pengelolaan keuangan Pemilu 2024 efisien dan akuntabel

“Efektivitas pemeriksaan bergantung pada tindak lanjut atas rekomendasi hasil pemeriksaan. Oleh karena itu, saya ingin menyampaikan penghargaan atas perhatian Board of Governors yang terus menerus terhadap pelaksanaan tindak lanjut atas rekomendasi hasil pemeriksaan oleh Manajemen WMU,” ujar dia.

Pihaknya disebut akan terus menjalin komunikasi dan kerja sama efektif dalam mendukung pencapaian tujuan Universitas melalui pemeriksaan yang dilakukan.

Saat akhir Sidang Dewan Gubernur, Arsenio A. Dominguez sebagai Pimpinan Sidang mengapresiasi kerja BPK dalam melakukan audit LK WMU Tahun 2023 untuk dapat ditindaklanjuti Manajemen WMU.

Baca juga: Ahli: Ada temuan BPK Rp6,23 miliar dalam pengadaan sistem proteksi TKI

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024