Jakarta (ANTARA) - Mantan bupati Buleleng dua periode, 2012-2017 dan 2017-2022, Putu Agus Suradnyana telah mendaftar sebagai cawagub Bali mendampingi Made Muliawan Arya alias De Gadjah pada Pilkada 2024.

Keduanya telah resmi mendaftar pada Kamis 29 Agustus 2024 di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bali. De Gadjah dan Agus Suradnyana yang akrab disapa PAS diusung oleh Partai Gerindra serta delapan partai politik lainnya, yaitu Golkar, NasDem, PKS, Demokrat, PAN, PSI, PKN, dan Garuda.

PAS merupakan mantan anggota PDI Perjuangan, partai yang membesarkan namanya sebagai Bupati Buleleng. Kini, ia bersaing dengan Ketua DPD PDI Perjuangan Bali Wayan Koster yang maju bersama Nyoman Giri Prasta dalam Pilkada 2024.

Baca juga: Gerindra umumkan calon kepala daerah se-Bali

PAS dibesarkan oleh seorang ayah yang berprofesi sebagai guru hingga membantu perjalanan karier PAS sampai menjadi kepala daerah.

PAS memulai pendidikan di SD Mutiara Singaraja, dilanjutkan ke SMP Negeri 1 Klungkung, dan SMA Negeri 1 Denpasar. Setelah itu, ia melanjutkan studi di Fakultas Teknik Universitas Udayana dan Universitas Dwijendra, serta memperoleh gelar Magister Ekonomi Pembangunan dari Universitas Udayana.

Ia terjun ke dunia politik dengan bergabung bersama PDIP sebagai kader, hingga ia dipercaya untuk menjadi Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Buleleng.

Sebelum menjabat sebagai Bupati Bulelang selama dua periode, Agus Suradnyana pernah memimpin Komisi III DPRD Bali.

Agus juga seorang pengusaha yang pernah menjabat sebagai Komisaris Utama di Bali Utama Grup, PT Khrisna Bali Utama, dan PT Nadia Kencana (Mai Bus Transport). Bisnis-bisnis ini berfokus pada sektor pariwisata dan transportasi, serta sektor-sektor penting lainnya di Bali.

Baca juga: KPU tetapkan jadwal tes kesehatan paslon di RSUD Bali Mandara

Keluarga

Nama istri : I Gusti Ayu Aries Sujati

Pendidikan

SD Mutiara Singaraja
SMP Negeri 1 Klungkung
SMA Negeri 1 Denpasar
Fakultas Teknik Universitas Udayana (1982)
Fakultas Teknik Universitas Dwijendra
Program Magister Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana (2011)

Karier

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Buleleng
Komisaris Utama Bali Utama Grup
Komisaris utama PT. Khrisna Bali Utama
Komisaris Utama PT. Nadia Kencana (Mai Bus Transport)
Ketua Komisi III DPRD Bali
Bupati Bulelang (2012 – 2017)
Bupati Bulelang (2017 – 2022).

Baca juga: Profil De Gadjah, cagub Gerindra untuk pilkada Bali

Baca juga: Dua bakal paslon Pilkada Bali mulai jalani tes kesehatan hari ini

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2024