Jakarta (ANTARA) - Mantan wakil gubernur Papua Barat periode 2017-2022, Mohammad Lakotani, resmi dipilih kembali oleh Mantan Gubernur Dominggus Mandacan untuk menjadi pasangan dalam Pilgub 2024 Papua Barat.

Memiliki rekam jejak yang solid dalam ruang lingkup pemerintahan dan politik. Lakotani dikenal sebagai figur berpengalaman dan berdedikasi tinggi dalam melayani masyarakat di Papua Barat.

Menariknya, dalam Pilgub 2024 Papua Barat, pasangan Dominggus Mandacan dan Mohammad Lakotani tidak memiliki lawan dalam kontestasi ini.

Profil Mohamad Lakotani

Nama Lengkap: Mohamad Lakotani
Tanggal Lahir: 13 Maret 1971
Tempat Lahir: Kaimana, Irian Barat
Umur: 53 Tahun
Partai: Gerindra

Mohammad Lakotani merupakan mantan Wakil Gubernur Papua Barat yang menjabat dari 2017 hingga 2022. Lahir pada tahun 1971, ia pernah menjabat sebagai Kepala Sekretariat Unit Percepatan Pembangunan Papua Barat di Kantor Mensesneg.

Ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, dan Keluarga Berencana Fakfak, serta Kepala Distrik Kaimana.

Selain itu, ia aktif sebagai Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kaimana dan Ketua Majelis Muslim Papua.

Pada tahun 2017, selama menjabat sebagai Wakil Gubernur Papua Barat mendampingi Dominggus Mandacan, Mohammad Lakotani diberi mandat sebagai Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Papua Barat hingga 2022.

Selain itu, sejak 2019 hingga kini, Lakotani juga menjabat sebagai Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Papua Barat. Bahkan, selama masa jabatannya sebagai Wakil Gubernur, ia tetap aktif sebagai Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Provinsi Papua Barat sejak 2021 hingga sekarang.

Mohammad Lakotani pernah menempuh pendidikan di sekolah Kristen Katolik, yaitu SD Yayasan Pendidikan Katolik Kaimana (YPKK) dari 1979 hingga 1984.

Ia kemudian melanjutkan pendidikan SMP di Yayasan Pendidikan Islam (Yapis) Kaimana pada 1984-1987 dan menyelesaikan pendidikan SMA di Muhammadiyah Yapis Abepura Jayapura dari 1987 hingga 1990.

Kemudian, Lakotani melanjutkan studi di Fakultas Hukum Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura dan meraih gelar S1 Hukum pada 1996. Ia kemudian menyelesaikan pendidikan S2 di Universitas Hasanuddin Makassar pada 2000-2022.

Mohammad Lakotani bersama dengan pasangan Dominggus Mandacan sebagai cagubnya, saat ini didukung oleh Partai NasDem, Partai Perindo, PPP, Partai Demokrat, PAN, dan Golkar.

Pasangan calon incumbent ini, yang telah menjabat selama lima tahun sebelumnya, akan bertanding tanpa pesaing dalam Pilkada kali ini sebagai pasangan calon tunggal.

Baca juga: Profil Abdul Faris Umlati "AFU" Cagub Papua Barat Daya 2024

Baca juga: KPU Papua Barat: Hanya satu pasangan bacagub-bacawagub yang mendaftar

Baca juga: Bawaslu Papua Barat lakukan pemetaan kerawanan Pilkada 2024

Pewarta: M. Hilal Eka Saputra Harahap
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024