Penajam Paser Utara (ANTARA) -
Sebanyak 30 Sekolah Laboratorium  Pancasila guna mencegah penurunan moral di kalangan generasi muda diluncurkan di Festival Harmoni Budaya Nusantara 2024 yang digelar di Penajam Paser Utara.
 
"Kami apresiasi 30 sekolah di Kabupaten Penajam Paser Utara jadi percontohan Sekolah Laboratorium Pancasila," kata Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Anak, Perempuan dan Pemuda Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Woro Srihastuti Sulistyaningrum di Penajam, Kalimantan Timur, Jumat.
 
Penerapan program Sekolah Laboratorium Pancasila pada 30 sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut, lanjut dia, merupakan langkah strategis menyiapkan sumber daya manusia (SDM) unggul sebagai daerah mitra Kota Nusantara, ibu kota baru Indonesia.
 
Demikian disampaikan Woro Srihastuti Sulistyaningrum usai membuka gelaran Festival Harmoni Budaya Nusantara yang dirangkai dengan peluncuran 30 sekolah laboratorium Pancasila di Taman Penyembolun depan Kantor Bupati Penajam Paser Utara.
 
Kabupaten Penajam Paser Utara dengan potensi yang dimiliki saat ini, menurut dia, menjadi daerah mitra Kota Nusantara dan juga serambi Nusantara.
 
Oleh karena itu, Kabupaten Penajam Paser Utara diharapkan memiliki kemajuan dan perkembangan yang sama dengan Kota Nusantara sebagai daerah asal dan terdekat ibu kota baru Indonesia.
 
Rangkaian Festival Harmoni Budaya Nusantara bakal semakin memperkokoh ketahanan budaya dan identitas nasional melalui semangat revolusi mental, tegas Woro Srihastuti Sulistyaningrum, dalam rangka pembangunan jati diri bangsa.
 
Festival Harmoni Budaya Nusantara, menurut Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun menimpali, sangat mendukung program sekolah laboratorium Pancasila.
 
"Sekolah laboratorium Pancasila, model pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Pancasila yang mengandung kearifan lokal," tambahnya.
   
Festival Harmoni Budaya Nusantara bertujuan untuk melestarikan dan memperkenalkan budaya Nusantara memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa di tengah keberagaman budaya.
 
"Juga bisa dorong kreativitas dan inovasi dalam seni budaya, tingkatkan kapasitas SDM dan potensi pariwisata serta ekonomi kreatif," demikian Makmur Marbun.

Baca juga: Kemenko: Festival Harmoni Budaya Nusantara hidupkan budaya lokal IKN

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024