Banda Aceh (ANTARA) - Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh menyiapkan sebanyak 100 tenaga kesehatan (nakes) cadangan untuk pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut 2024 di wilayah Aceh.

"USK juga sudah menyiapkan 100 tenaga kesehatan cadangan jika sewaktu-waktu diperlukan," kata Rektor USK, Marwan, di Banda Aceh, Jumat.

Saat ini, USK Banda Aceh sudah mengirimkan 49 tenaga kesehatan untuk memastikan kesehatan dan keselamatan para atlet dan lainnya selama PON.

Marwan menyampaikan, adapun para tenaga kesehatan tersebut merupakan staf Fakultas Kedokteran USK, Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Ilmu Penyakit Dalam, Ilmu Kesehatan THT-KL, Orthopaedi & Traumatologi.

Kemudian, PPDS Ilmu Neurologi, Anestesiologi & Reanimasi, Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik dan Pulmonologi & Kedokteran Respirasi.

Selain itu, USK juga telah menyiapkan seluruh sumber daya yang ada untuk mendukung pelaksanaan PON kali ini. Diantaranya, sejumlah venue dalam lingkungan kampus.

Adapun venue tersebut adalah Lapangan Tugu Kopelma Darussalam untuk cabang olahraga bisbol, Gelanggang Mahasiswa USK untuk cabang olahraga judo, Sport Center USK untuk cabang olahraga petanque, dan Stadion Mini USK untuk cabang olahraga rugby 7’s.

"Mudah-mudahan dukungan USK ini bisa memberikan kontribusi positif bagi pelaksanaan PON kali ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, dirinya menegaskan bahwa USK sebagai salah satu perguruan tinggi tertua di Aceh yang siap memberikan dukungan penuh kepada pemerintah daerah agar even olahraga ini berjalan sukses dan lancar.

“Tentu saja USK siap memberikan dukungan penuh PON kali ini. Karena pada prinsipnya, ini adalah tanggung jawab kita semua, termasuk USK. Mari bersama-sama menjaga marwah Aceh agar mampu menjadi tuan rumah yang baik,” demikian Marwan.

Baca juga: Pemerintah Aceh kukuhkan ratusan tim kesehatan dan SDM PON XXI 2024
Baca juga: Pemprov Sumut butuh 1.150 tenaga kesehatan untuk PON 2024
Baca juga: RS Adam Malik Medan siapkan fasilitas layanan medis untuk PON 2024

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024