Nanjing (ANTARA) - Sebanyak 65 ekor porpoise tanpa sirip Sungai Yangtze ditemukan dalam survei yang dilakukan mulai musim gugur 2023 hingga musim panas 2024 di cagar alam tingkat provinsi untuk porpoise tanpa sirip Yangtze di Nanjing, demikian disampaikan Biro Kehutanan dan Taman Kota Nanjing di Provinsi Jiangsu, China timur, pada Kamis (5/9).

Populasi spesies ini meningkat dari sekitar 62 ekor, sebagaimana tercatat dalam survei sumber daya lingkungan pada 2022. Selama periode survei tersebut, induk dan bayi porpoise terlihat sebanyak sembilan kali, mengindikasikan tren peningkatan populasi porpoise tanpa sirip Yangtze di cagar alam itu.

Berdasarkan survei dan analisis yang dilakukan di seluruh empat kuartal, populasi porpoise tanpa sirip di cagar alam itu tetap stabil, dengan jumlah spesies yang terus meningkat.

Porpoise tanpa sirip Yangtze adalah satwa liar yang berada di bawah perlindungan nasional kelas satu di China dan status populasinya menjadi "barometer" lingkungan ekologi Sungai Yangtze.

Hewan ini adalah satu-satunya subspesies air tawar dalam keluarga porpoise tanpa sirip. Hanya ditemukan di bagian tengah dan hilir Sungai Yangtze, spesies ini telah hidup di sana selama 25 juta tahun. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024