Beijing (ANTARA) - Pusat Meteorologi Nasional (National Meteorological Center/NMC) China memperbarui peringatan kuning untuk suhu tinggi pada Jumat (6/9).

Hal ini dikarenakan suhu tinggi yang masih terus melanda berbagai daerah di China, setelah negara itu mengalami Agustus terpanas dalam sejarah.

Pada Jumat siang waktu setempat, suhu di beberapa area di Anhui, Jiangsu, Hubei, Jiangxi, Zhejiang, Fujian, dan Sichuan diperkirakan mencapai 35 hingga 36 derajat Celsius, menurut pusat itu.

Sementara itu, suhu maksimum di beberapa bagian di Anhui, Hubei, Jiangxi, Zhejiang, dan Sichuan diperkirakan akan mencapai hingga 39 derajat Celsius.

NMC menyarankan untuk menghindari aktivitas luar ruangan selama suhu tinggi dan mengambil tindakan pencegahan guna melindungi kelompok rentan, seperti lansia dan anak-anak.

China mengalami Agustus terpanas sejak tahun 1961, dengan rata-rata suhu di bulan itu mencapai 22,6 derajat Celsius, kata Jia Xiaolong, wakil kepala Pusat Iklim Nasional China, dalam sebuah konferensi pers.

Sebanyak 19 stasiun meteorologis tingkat nasional di China melaporkan suhu puncak harian yang sama atau lebih tinggi pada Agustus dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, menurut Jia.




 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2024