Kulon Progo (ANTARA) - PT Angkasa Pura (AP) I Yogyakarta International Airport melepas lebih dari 100 tukik di Pantai Trisik, Kalurahan Banaran, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, dalam rangka mendukung kegiatan konservasi penyu di wilayah tersebut.

Stakeholder Relation Manager PT AP I YIA Ike Yutiane di Kulon Progo, Jumat, mengatakan dukungan diberikan dalam bentuk bantuan untuk pengembangan sarana konservasi penyu di Pantai Trisik.

"Bantuan tersebut merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan kami terhadap konservasi penyu di Pantai Trisik," kata Ike.

Ia mengatakan bantuan yang diberikan senilai R 15 juta untuk Konservasi Penyu "Abadi" Pantai Trisik. Pemberian bantuan juga diisi dengan pelepasan lebih dari 100 tukik, serta kerja bakti membersihkan pantai.

Baca juga: Pokmaswas Solor Selatan NTT lepaskan 300 tukik ke lautan

Baca juga: Pokmaswas NTT selamat penyu dewasa terdampar di pohon bakau


"Kami berkomitmen mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dengan pemberian bantuan tersebut. Salah satunya dalam upaya pelestarian alam lewat konservasi penyu," katanya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Kulon Progo Aris Nugroho mengapresiasi program kerja peduli lingkungan yang dilaksanakan oleh PT Angkasa Pura I.

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Kulon Progo mengucapkan terima kasih. Kegiatan ini sesuai dengan tema nasional kita yaitu pembangunan berkelanjutan. Di mana pembangunan yang terjadi di wilayah ini tidak merusak lingkungan, namun justru melestarikan lingkungan dengan baik. Harapan kami kegiatan dapat terus berkelanjutan melalui sinergi dan kolaborasi dari semuanya," katanya.

Menurut dia, kolaborasi ini mencerminkan pentahelix, lima unsur kekuatan dalam pengembangan potensi desa dan kawasan perdesaan, yang mana kegiatan hari ini telah melibatkan pemerintah, swasta, CSR, perguruan tinggi, masyarakat, dan rekan-rekan media yang saling berkolaborasi.

Menurutnya, upaya pelestarian alam dan pembangunan yang berkelanjutan perlu dukungan banyak pihak. Baik dari swasta maupun masyarakat sendiri.

"Harus ada sinergi yang terbentuk dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan," kata Aris.

Sementara itu, Koordinator Kelompok Konservasi Penyu “Abadi” Pantai Trisi Edi Yulianto berterima kasih Angkasa Pura I atas bantuan yang disampaikan kepada kami komunitas konservasi penyu. Di mana bantuan ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan ke depan.

"Ke depan harapan kami akan lebih banyak lagi sarang-sarang yang kami selamatkan. Semoga PT Angkasa Pura I semakin maju dan dicintai oleh masyarakat. Kepada masyarakat, kami ingin menitipkan pesan ajakan, mari kita jaga penyu agar tetap lestari sampai generasi penerus nantinya,” katanya.*

Baca juga: Saka Bahari Kulon Progo lepas 150 ekor tukik di Pantai Bugel

Baca juga: 1.107 tukik tuntong laut dilepasliarkan ke Laut Selat Malaka

Pewarta: Sutarmi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024