Jakarta (ANTARA) - PT Rekayasa Industri (Rekind) menegaskan semangat inovasi di Pupuk Indonesia Quality & Innovation (PIQI) 2024.

"Kami sadar, perubahan dunia menuntut solusi yang lebih cerdas dan berkelanjutan. Partisipasi Rekind di PIQI 2024 adalah bukti nyata komitmen kami untuk terus memimpin perubahan melalui inovasi. Sinergi antara inovasi dan keberlanjutan sangat penting untuk memperkuat masa depan industri dan memajukan sektor pupuk di Indonesia," ujar Direktur Utama Rekind Triyani Utaminingsih dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat .

Di tengah ketatnya persaingan dan tantangan industri EPC (Engineering, Procurement & Construction) global, PT Rekayasa Industri (Rekind) terus menunjukkan komitmen kuat terhadap inovasi.

Anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) ini melihat setiap tantangan bukan sebagai hambatan, melainkan sebagai peluang untuk menciptakan teknologi yang mampu memenuhi kebutuhan industri, masyarakat, serta lingkungan.

Semangat inovasi Rekind kembali membara saat berpartisipasi dalam Pupuk Indonesia Quality & Innovation (PIQI) 2024, sebuah ajang tahunan bergengsi yang diselenggarakan di Pupuk Sriwidjadja Palembang, Sumatra Selatan, 4 September 2024. Dengan mengusung tema "Growth, Digital, & Sustainability," acara ini menjadi wadah bagi seluruh anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) untuk memperkenalkan inovasi dan solusi masa depan yang akan dikedepankan guna mendukung efisiensi dan keberlanjutan operasional.

Dalam event yang dihadiri oleh Direktur Utama PT Pupuk Indonesia, Rahmat Pribadi, beserta jajaran direksi Pupuk Indonesia dan anak perusahaannya, Rekind mengirimkan tiga tim inovator unggulannya. Ketiga tim ini mempresentasikan ide-ide inovatif yang mereka kembangkan, dengan fokus pada transformasi digital dan keberlanjutan, serta berkontribusi pada kemajuan sektor pupuk nasional.

Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Rahmad Pribadi memberikan apresiasi positif atas inovasi Rekind dalam pemanfaatan AI serta berharap dapat dikembangkan lebih lanjut untuk pertumbuhan perusahaan.

Inovasi pertama yang ditampilkan Rekind adalah Gas In (Google App Script Innovation), yang memanfaatkan BOT Telegram untuk memudahkan akses informasi terkait kegiatan proyek diperkaya dengan GenAI Gemini untuk analisa data. Inovasi kedua, Digital Procurement, menyajikan transformasi digital dalam proses pengadaan barang guna mendukung kelancaran proyek.

Sedangkan tim ketiga memperkenalkan SQILL (Search and Query Innovation Lesson Learned), sebuah aplikasi berbasis database dan mesin pencari yang memudahkan karyawan mengakses pelajaran dari proyek-proyek sebelumnya.

PIQI 2024 bukan hanya event inovasi, tetapi juga menjadi platform untuk berbagi pengetahuan dan memperkuat kolaborasi antar anak perusahaan Pupuk Indonesia. Dengan fokus pada solusi digital dan keberlanjutan, acara ini diharapkan mampu menciptakan operasional yang lebih efisien serta mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Baca juga: Rekind terima penghargaan Industrial Services Awards dari Kemenperin
Baca juga: Rekind siapkan pabrik percontohan pengolahan limbah kelapa sawit
Baca juga: Rekind berhasil selesaikan proyek PLTP tersulit di Indonesia

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024