Makassar (ANTARA) -
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyebut bahwa keberadaan Rumah Sakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di Makassar dipastikan meningkatkan posisi Kota Anging Mammiri dalam pelayanan kesehatan (yankes) bertaraf internasional.
 
RS Kemenkes yang dibangun di area kawasan Centre Point of Indonesia (CPI) baru saja diresmikan Presiden Jokowi di Makassar, Jumat.

"Rumah Sakit Kemenkes yang berstandar internasional ini tentu menjadi salah satu rumah sakit terbaik Indonesia dan ini tentu menambah posisioning Makassar dalam pelayanan kesehatan," ujar Danny Pomanto, sapaan akrab Wali Kota Makassar itu.

Dengan standar yankes kelas dunia di RS Kemenkes, Danny mengajak masyarakat untuk memaksimalkan pemanfaatan rumah sakit yang pembangunannya menelan anggaran sebesar Rp1,65 triliun tersebut.

Kata dia, masyarakat tidak perlu lagi mengakses pengobatan hingga ke luar negeri seperti Malaysia maupun Singapura, sebab peralatan canggih dalam hal pengobatan juga sudah bisa ditemui di dalam negeri, salah satunya di Kota Makassar.
 
"Berobat saja lah ke sini, tidak perlu keluar negeri, sebab bagaimana pun lebih enak pengobatan di dalam negeri karena masih bisa ditunggu keluarga, bisa datang kemudian bisa dijaga keluarga," ujarnya.
 
Kendati RS Kemenkes hadir untuk optimalisasi yankes kesehatan di kawasan Indonesia Timur, kata Danny, namun standar internasional di RS ini menambah tingkat kepercayaan diri Pemerintah Kota Makassar hingga Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam menggelar kegiatan-kegiatan bertaraf internasional.
 
"Dengan hadirnya RS Kemenkes ini, Makassar tidak hanya jadi Kota Makan Enak, tapi juga menjadi kota pusat pelayanan kesehatan," kata dia.

Baca juga: Menkes: Dua RS baru di Makassar "superhub" kawasan timur RI

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024