Saya tadi masuk ke Gedung Kesehatan Ibu dan Anak Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo, tidak seperti masuk ke sebuah rumah sakit, seperti masuk hotel bintang 5
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kagum dengan fasilitas Gedung Kesehatan Ibu dan Anak Rumah Sakit (RS) Wahidin Sudirohusodo Makassar, Sulawesi Selatan, yang menurutnya layak disetarakan dengan hotel berbintang 5.

Kekaguman tersebut disampaikan Jokowi dalam pidato peresmian fasilitas tersebut yang diikuti dalam jaringan Sekretariat Presiden di Jakarta, Jumat.

"Saya tadi masuk ke Gedung Kesehatan Ibu dan Anak Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo, tidak seperti masuk ke sebuah rumah sakit, seperti masuk hotel bintang 5," katanya saat mengawali pidato.

Ia kagum dengan suasana ruangan yang terang, penataan interior, dan mebel sebagai sarana pendukung layanan yang sangat memadai.

Kepala Negara juga menyoroti pencahayaan gedung yang terang, berbeda dengan rumah sakit daerah yang kerap kali terkesan gelap dan tidak nyaman untuk disinggahi.

"Tidak yang sering saya lihat di RSUD-RSUD, agak gelap, remang-remang," ujarnya.

"Gedung baru ini memiliki delapan lantai dan satu semi basement, dengan kapasitas 263 tempat tidur yang mencakup ruang rawat inap dan intensif care," kata Presiden menambahkan.

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa pembangunan rumah sakit ini menghabiskan anggaran pemerintah sebesar Rp456 miliar.

"Selain itu, pengadaan peralatan kesehatan canggih dan modern menelan biaya Rp239 miliar, sementara pengembangan sumber daya manusia menambah anggaran sebesar Rp17 miliar," kata Jokowi menambahkan.

"Dengan selesainya gedung ini, kami berharap layanan bagi ibu dan anak dapat ditingkatkan sehingga angka kematian ibu dan anak bisa ditekan dan dihilangkan di masa depan," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024