Jakarta (ANTARA) - Pasangan Calon Kepala Daerah Ali Baal Masdar (ABM) dan Arwan Aras merupakan paslon cagub-cawagub Sulawesi Barat ketiga yang mendaftarkan diri ke KPU Sulbar untuk ajang Pilkada 2024, pada Rabu, 28 Agustus 2024, pukul 10.44 WITA.

ABM dan Arwan merupakan paslon yang diusung oleh Partai Gerindra dan Partai Golkar.

Sang cawagub paslon ini, yaitu Arwan Aras merupakan mantan anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Barat dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang kemudian pindah ke Partai Golkar di akhir tahun 2023 kemarin.

Tidak membutuhkan waktu lama setelah kepindahannya, Arwan langsung ditunjuk oleh Golkar Sulbar sebagai Kepala Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu).

Lahir di Mamuju, Sulawesi Selatan pada tanggal 8 September 1984, Arwan menjalani pendidikan di SD Inpres Mahahe 1. Kemudian, melanjutkan ke jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 5 Budong-Budong dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Mamuju.

Arwan menempuh studi S1 di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Dipanegara jurusan Teknik Informatika.

Arwan memulai kiprahnya di dunia politik pada tahun 2019 dan berakhir pada tahun 2024 kemarin sebagai anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Barat dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Kemudian, pada 13 November 2023 kemarin, Arwan resmi bergabung ke Partai Golkar. Melalui surat keputusan nomor.09/DPD/Golkar/SB/X/2023 dan ditandatangani oleh ketua Golkar, Arwan resmi pindah ke partai berlambang pohon beringin ini.

Pada pemilu 2024 kemarin, Arwan kembali maju dalam pemilihan anggota DPR RI dan memperoleh suara terbanyak di internal Partai Golkar. Ia mendapatkan total 38.948 suara, diikuti oleh Ibnu Munzir dengan 9.619 suara, lalu Muhammad Balyah 5.830 suara dan Hj Anna Murtina B 2.220 suara.

Saat masih menjadi Mahasiswa, Arwan menjabat sebagai Ketua Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Mamuju (2006-2007). Merasa kurang puas, Arwan kemudian memutuskan untuk mencalonkan diri menjadi Ketua Pemuda Pancasila Kabupaten Mamuju Tengah (2013-2016).

Ia juga bergabung menjadi anggota Ikatan Motor Indonesia sejak tahun 2017 hingga saat ini.

Arwan juga menjabat sebagai Dewan Pembina Gerakan Pemuda Tani Wilayah Sumatera Barat dan Ketua KONI Kabupaten Mamuju Tengah.

Pada kontestan Pilkada Sulawesi Barat 2024 ini, Arwan memutuskan untuk maju sebagai cawagub mendampingi Ali Baal Masdar alias ABM yang merupakan politikus Partai Gerindra.

Baca juga: Profil Ali Baal Masdar, cagub Sulbar untuk Pilkada 2024

Baca juga: Profil Andi Sumangerukka "ASR", Cagub Sulawesi Tenggara Pilkada 2024

Baca juga: Enny Anggraeni Anwar, satu-satunya wanita pada Pilkada Sulbar 2024

Pewarta: Raihan Fadilah
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024