Jakarta (ANTARA) - Andi Sumangerukka (ASR), seorang tokoh militer yang beralih ke dunia politik untuk menjadi salah satu calon Gubernur dalam Pilkada Sulawesi Tenggara 2024.

Dengan latar belakang di bidang pertahanan dan pengalaman sosial politik sebagai pemimpin di tingkat daerah, ASR berambisi membawa Sulawesi Tenggara ke arah yang lebih maju dan sumber daya yang unggul.

Dalam ajang Pilkada Sultra 2024 ini, ASR telah diusung oleh partai Gerindra. Berpasangan dengan Hugua sebagai calon Wakil Gubernur, kandidat ini didukung gabungan partai lainnya yaitu PAN, Hanura, Berkarya, Prima, dan PPP.

Lantas, bagaimana latarbelakang dan pengalaman ASR? Berikut profil Andi Sumangerukka.

Andi Sumangerukka lahir di Makassar, Sulawesi Tenggara, pada 11 Maret 1963. Ia dikenal dengan pengalaman kepemimpinannya selama berkarier di dunia militer.

ASR memulai karier militernya setelah lulus dari Akademi Militer (Akmil), kualifikasi cabang Artileri Pertahanan Udara pada tahun 1987. Sejak itu, ia mulai menduduki berbagai jabatan dalam TNI AD hingga mencapai pangkat Mayor Jenderal.

Tahun 2012, ASR menduduki posisi sebagai Komandan Korem atau Danrem 143/Halu Oleo di Kendari, Sulawesi Tenggara. Posisi tersebut berlangsung selama setahun hingga 2013.

Setelah itu, pada tahun 2015 sampai 2019, ASR dipercayai mengemban jabatan sebagai Kepala Badan Intelejen Daerah (Kabinda) wilayah Sulawesi Tenggara BIN. Kemudian, ia melanjutkan jabatan sebagai Staf Ahli Bidang Ideologi dan Politik BIN tahun 2019-2020.

Salah satu posisi penting yang pernah dipegang Andi Sumangerukka adalah sebagai Panglima Kodam (Pangdam) XIV/Hasanuddin, yang memimpin di wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara. Kepemimpinan ini ASR emban sejak tahun 2020 hingga 2021.

Tahun 2021 pada 27 Maret, ASR ditarik sebagai Perwira Tinggi TNI AD. Dalam dunia militernya, kini ASR ditetapkan berstatus purnawirawan TNI AD dengan pangkat terakhir bintang dua atau Mayor Jenderal TNI.

Perjalanan kariernya di dunia militer, ASR memiliki pengalaman sebagai pemimpin dalam menjaga stabilitas keamanan di wilayah tersebut. Perannya dikenal berbagai kalangan masyarakat Sulawesi Selatan.

Setelah pensiun dari dunia militer, Andi Sumangerukka memutuskan untuk terjun ke politik. Periode tahun 2021-2026, ASR menjabat sebagai Ketua DPW wilayah Partai Persatuan Pembangunan Sulawesi Tenggara (DPW PPP Sultra), menggantikan Marsekal Muda TNI (Purn) La Ode Barhim.

Saat Pemilu 2024, ASR mencalonkan diri sebagai anggota DPR dan menjadi Ketua Tim Pemenangan Daerah (TPD) Sulawesi Tenggara kandidat Ganjar-Mahfud dengan koalisi PDI-P, Perindo, Hanura, dan PPP.

Andi Sumangerukka juga memulai kegiatan sosial. Ia dipercayai menjadi Ketua Dewan Pembina Aku Sahabat Rakyat Sulawesi Tenggara (ASR Sultra). Selain itu, sekaligus menduduki posisi sebagai Ketua Umum Dewan Pengurus Dewan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (DPD HKTI Sultra).

Tahun 2020, ASR diberikan kepercayaan menjadi Ketua Badan Pengurus Wilayah Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara (BPW KKSS Sultra).

Menjelang Pilkada 2024, dengan berbagai dukungan, terutama dukungan dari gabungan partai politik besar, ASR maju menjadi calon Gubernur Sulawesi Tenggara bersama Hugua menjadi calon Wakil Gubernurnya.

Profil singkat Andi Sumangerukka

Keluarga
Ayah: Mayor (Purn) TNI H. Syam Daud
Ibu: Hj. Andi Azizah
Istri: Ny. Arinta Anila Apsari



Pengalaman
  • Danyon Arhanudse 13/Parigha Bhuana Yudha (2003–2007)
  • Asintel Kodam I/Bukit Barisan (2007–2012)
  • Danrem 143/Halu Oleo (2012–2013)
  • Irdam V/Brawijaya (2013–2015)
  • Kabinda Sulawesi Tenggara BIN (2015–2019)
  • Sahli Bid. Ideologi dan Politik BIN (2019–2020)
  • Pangdam XIV/Hasanuddin (2020–2021)

Baca juga: Pramono-Rano Karno lanjutkan sowan ke mantan gubernur Jakarta 

Baca juga: Pramono yakin penggemar Ahok dukung dirinya dan Rano Karno di Pilkada

Baca juga: Enny Anggraeni Anwar, satu-satunya wanita pada Pilkada Sulbar 2024

 

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024