Pertama, percepat pembangunan transportasi publik yang efisien, merata dan berkelanjutan
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyampaikan tiga pesan strategis agar sistem transportasi di setiap daerah Indonesia semakin tertib dan terkendali.

Wapres menyampaikan bahwa pengembangan transportasi di negara seluas Indonesia tidak terlepas dari peran strategis pemerintah daerah. Pemerintah daerah bertanggung jawab mulai dari perencanaan, pengelolaan hingga pengendalian kemacetan.

"Pertama, percepat pembangunan transportasi publik yang efisien, merata dan berkelanjutan," ujar Wapres dalam sambutannya pada acara Hub Space 2024 di Jakarta International Expo (JIExpo) Convention Centre and Theatre Kemayoran Jakarta, Jumat.

Untuk itu, Wapres menegaskan bahwa transportasi publik harus menjangkau seluruh lapisan masyarakat dengan tarif yang sesuai.

"Penggunaan aplikasi digital dalam sistem transportasi cerdas harus semakin diperluas dan perencanaan transportasi masa depan harus memperhitungkan dampak terhadap lingkungan yang ditimbulkan," tuturnya.

Baca juga: Wapres ungkap tantangan pembangunan infrastruktur transportasi di RI

Baca juga: Wapres ajak delegasi ISF ciptakan pembangunan berkelanjutan-inklusif


Kedua, Wapres meminta agar investasi pembiayaan infrastruktur melalui pembiayaan kreatif non-APBN dan partisipasi swasta ditingkatkan.

"Kembangkan skema pembiayaan kerja sama antara BUMN dan swasta untuk mendukung pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur transportasi," ucap Wapres.

Selain itu, kata dia, perkuat kerangka regulasi untuk memberikan kepastian hukum dan pemberian insentif yang tepat untuk menarik partisipasi dunia usaha dalam pembiayaan dan pengelolaan proyek-proyek infrastruktur.

Ketiga, Wapres mendorong agar sinergi multipihak demi mempercepat perluasan konektivitas di Indonesia ditingkatkan

"Demi menghubungkan seluruh wilayah di Indonesia, kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah saja belum cukup," sebut Wapres.

Oleh karena itu, menurut Wapres, pemerintah daerah dapat bekerja sama dengan masyarakat, badan usaha, lembaga pendidikan dan media massa dalam penyusunan, implementasi, dan evaluasi kebijakan sektor transportasi yang cocok dengan kondisi wilayah masing-masing.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan seluruh daerah harus bersinergi dan berkolaborasi dalam membangun transportasi Indonesia.

Hal itu disampaikannya dalam acara Hub Talks "Paradigma Transportasi Online: Terintegrasi dan Berbasis Online", yang menjadi salah satu rangkaian acara Hub Space 2024, Jumat.

Menhub mengatakan Indonesia membutuhkan konektivitas yang mampu menjangkau seluruh pelosok tanah air. Tak hanya di perkotaan, namun juga di pedesaan, pesisir, lembah dan pegunungan.

"Untuk membangun transportasi di seluruh wilayah tanah air, tentunya dibutuhkan kolaborasi dan kerja sama antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah serta seluruh pemangku kepentingan penyelenggara transportasi nasional," kata Menhub.

Menhub mengharapkan koordinasi tersebut dapat menjadi bagian dari keseharian yang dilakukan mulai dari tingkat kabupaten, kota hingga ke pusat. Seluruh pemerintah daerah dan pusat perlu konsisten untuk menjalin sinergi yang baik.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin minta tiap kecamatan Banten kembangkan motif batik

Baca juga: Menhub harap Indonesia bisa jadi produsen kereta api yang mendunia

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024