Kediri (ANTARA) - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, menyalurkan bantuan pangan non-tunai daerah (BPNTD) yang bersumber dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT).

Penjabat Wali Kota Kediri Zanariah mengemukakan BPNTD tersebut diberikan untuk 2.582 penerima manfaat dengan rincian warga Kecamatan Mojoroto sebanyak 1.114 penerima, warga Kecamatan Kota sebanyak 779 penerima, dan warga Kecamatan Pesantren sebanyak 689 penerima.

"Setiap penerima akan mendapat bantuan ini sebesar Rp2,4 juta. Bantuan ini diterimakan langsung dalam satu tahun," katanya di Kediri, Jumat.

Ia mengatakan bahwa Pemerintah Kota Kediri terus berkomitmen untuk mendorong kesejahteraan masyarakatnya, sekaligus memastikan bahwa tidak ada satupun warga yang terabaikan.

"Dengan program bantuan ini, masyarakat yang belum mendapat bantuan dari Kementerian Sosial bisa dibantu," kata dia.

Baca juga: 5.617 UMKM di Kota Kediri dapat bantuan modal usaha DBHCHT 2024

Zanariah juga berpesan kepada penerima bantuan agar membelanjakan bantuan ini dengan bijak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Prioritaskan untuk hal-hal yang mendesak dan penting.

"Gunakan bantuan ini untuk belanja makanan untuk kebutuhan sehari-hari demi kesejahteraan tidak untuk dihamburkan apalagi dipakai untuk judi daring, pokoknya untuk kesehatan tubuh. Semoga bantuan ini bermanfaat bagi para penerimanya," ujar dia.

Dia juga mengingatkan bahwa penyaluran bantuan ini sudah berdasarkan data yang terverifikasi oleh tim. Penerima bantuan diharapkan untuk mengikuti petunjuk dari petugas dan antre dengan tertib. Dengan demikian, penyaluran bantuan ini bisa berjalan dengan nyaman dan lancar.

Baca juga: 33.632 KPM di Kediri Jawa Timur dapat bantuan beras 

Sementara itu, salah seorang warga penerima bantuan Maria asal Kelurahan Mojoroto, Kota Kediri bersyukur bisa mendapat bantuan ini. Ia akan memanfaatkan bantuan yang diterimanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Rencananya akan saya gunakan untuk beli kebutuhan pokok dan tambah-tambah buat beli bahan untuk usaha yang saya jalankan. Harapannya pemberian bantuan ini bisa dilanjutkan karena menurut saya bantuan ini sangat bermanfaat dan membantu masyarakat seperti saya ini," ujar dia.

Bantuan yang bersumber dari DBHCHT Kota Kediri tersebut secara serentak dibagikan di tiga kecamatan. Di Kecamatan Mojoroto penyaluran bantuan dipusatkan di Aula Bandar Lor, Kecamatan Kota penyaluran bantuan dipusatkan di Aula Kelurahan Semampir, dan Kecamatan Pesantren penyaluran bantuan dipusatkan di Aula Kecamatan Pesantren.

Baca juga: Sebanyak 10.150 pemilik usaha di Kediri dapat bantuan modal usaha

Turut mendampingi Pj Wali Kota Kediri Zanariah dalam penyerahan bantuan tersebut yakni Jaksa Fungsional Kejaksaan Negeri Kota Kediri Wahyu Wasono, Kepala Dinas Sosial Kota Kediri Paulus Luhur Budi Prasetya, Camat Mojoroto Bambang Tri Lasmono, Plt Camat Kota Bagus Hermawan, Lurah Semampir Rizki, Lurah Balowerti Komarudin, Lurah Bandar Lor Wasis Tri Yuliantoko, Lurah Dermo Yudi, serta para penerima manfaat BPNTD.

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024