Jakarta (ANTARA) -
Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) Wilayah Sumatera Utara mengumumkan bahwa pengibaran bendera kontingen PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024, dilakukan sehari sebelum pembukaan multi event olahraga tersebut, yaitu pada Minggu 8 September mendatang.
 
Ketua Bidang Upacara Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XXI Wilayah Sumatera Utara, Mahfullah P Daulay, mengatakan pembukaan acara atau opening ceremony yang dihadiri Presiden Jokowi, dilakukan di Aceh pada 9 September, meski begitu Sumut juga membuat acara yang sama, guna menyemarakkan pesta olahraga nasional tersebut.
 
"Jadi tanggal 8 September ada upacara pengibaran bendera kontingen di halaman Gedung Astaka Disporasu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, pada pukul 7.30 WIB," kata pria yang kerap disapa Ipunk itu di Media Center PON XXI, Hotel Santika, Medan, Jumat.

Baca juga: KONI: PON XXI Aceh-Sumut 2024 dibuka dan ditutup Presiden Jokowi
 
Pengibaran bendera yang sama juga dilakukan di Aceh, oleh panitia wilayah tersebut.
 
Ia membeberkan, sebanyak 124 orang atau panitia, termasuk cadangan, terlibat untuk menaikkan dan menurunkan bendera masing-masing provinsi yang menjadi kontingen dalam PON tahun ini.
 
Seratusan lebih pengibar bendera itu dipilih dari anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Sumatera Utara, yang dilatih oleh tim internal dan berkolaborasi dengan TNI.
 
"Jumlah bendera yang dinaikkan sebanyak 38 bendera, sesuai dengan lambang dari masing-masing provinsi, ditambah satu bendera IKN, sehingga total 39," ujar Ipunk yang juga merupakan Kepala Satpol PP Provinsi Sumatera Utara.

Baca juga: Menko PMK sebut opening ceremony PON Aceh-Sumut 2024 siap digelar
 
Selain penaikan bendera, kegiatan penurunan sehari sebelum acara penutupan juga dilakukan oleh tim yang sama, pada 19 September sore.
 
Persiapan akhir untuk mengibarkan bendera kontingen dilakukan pada 7 September.
 
PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 bertema "Bersatu Kita Juara!".
 
Upacara pembukaan dilaksanakan di Provinsi Aceh, yakni di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, pada 9 September dan direncanakan dihadiri oleh Presiden Jokowi.

Baca juga: KONI pastikan kegiatan pembukaan PON XXI Aceh-Sumut sesuai jadwal
 
Meski begitu, pembukaan secara simbolis juga diselenggarakan di Stadion Baharuddin Siregar, Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara oleh panitia di wilayah Sumut.
 
Selain itu, Sumut juga menjadi tempat untuk penutupan acara yang diselenggarakan di Stadion Utama Sport Center, Kabupaten Deli Serdang, pada 20 September.
 
Sementara, jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan sebanyak total 67, dengan pembagian 33 dipertandingkan di Aceh dan 34 di Sumatera Utara.
 
Penyelenggaraan multi event olahraga nasional itu akan melibatkan lebih dari 15 ribu atlet dan ofisial.

Baca juga: Panitia: Pembukaan PON XXI di Sumut sama meriah dan sebanding Aceh
Baca juga: Pembukaan PON Aceh-Sumut tampilkan kesenian dan sejarah pahlawan

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024